kumparan
22 Feb 2018 10:33 WIB

Kinerja Imigrasi Mataram Tuai Pujian Wantimpres

Wantimpres kunjungi Kanwil Kemenkumham NTB (Foto: Dok. Imigrasi Mataram)
Rombongan Dewan Pertimbangan Presiden berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat. Apa kata mereka tentang Kakanwil NTB?
ADVERTISEMENT
Rombongan Wantimpres berjumlah 12 orang yang dipimpin Jenderal (Purn) Subagyo Hadisiswoyo, Letjen (Purn) M Yusuf Kartanegara dan Mayjen (Purn) Mashudi Darto. Agenda mereka adalah paparan dan diskusi terkait upaya-upaya pengawasan orang asing oleh jajaran Kemenkumham.
Wantimpres kunjungi Kanwil Kemenkumham NTB (Foto: Dok. Imigrasi Mataram)
Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham NTB memaparkan tentang upaya imigrasi dalam penguatan pengawasan orang asing di wilayah NTB. Upaya-upayanya yaitu: pembentukan tim sampai dengan tingkat kecamatan, rencana pembangunan pos imigrasi di Gili Trawangan dengan bantuan dan kerja sama pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara, pengadaan speed boat dalam rangka pengawasan orang asing di perairan 3 gili di Lombok Utara.
Sementara upaya Ditjen Imigrasi dalam pencegahan calon TKI nonprosedural, mereka melakukan beberapa langkah yaitu: penguatan pada saat wawancara pemohon paspor, penguatan petugas imigrasi di bandara, danmembangun sinergiritas dengan kepolisian terkait TPPO dan membentuk satgas TPPO di masing2 kanim
ADVERTISEMENT
Wantimpres mengapresiasi upaya pengawasan orang asing dan calon TKI non prosedural oleh jajaran imigrasi dan khususnya dalam pengawasan orang asing. Tahun 2017 pihak imigrasi menola 285 permintaan paspor dan penundaan keberangkatan via Lombok Airport Internasional sebanyak 21 orang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan