News
·
7 September 2020 9:50

Komisi I DPR soal 30 Taruna Akmil Positif Corona: TNI Teladan, Harus Disiplin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Komisi I DPR soal 30 Taruna Akmil Positif Corona: TNI Teladan, Harus Disiplin (398269)
Suasana upacara Wisuda Taruna Akmil 2020 Foto: Dispen TNI AD
Sebanyak 30 taruna Akmil Magelang terkonfirmasi positif COVID-19. Sebelumnya, lembaga pendidikan TNI juga terinfeksi corona di Secapa Bandung.
ADVERTISEMENT
Anggota Komisi Pertahanan (I) DPR Muhammad Farhan menilai, perlu pengawasan yang melekat dalam penegakan disiplin di kalangan TNI, khususnya Lemdik TNI.
"TNI adalah teladan nasional dalam penegakan kedisiplinan, maka menjadi tugas penting bagi stake holders Lemdik TNI dalam menegakan kedisiplinan di atas rata-rata warga biasa," kata Farhan, Senin (7/9)
Dia menekankan agar seluruh pihak bisa lebih waspada dalam menghadapi begitu mudahnya penularan COVID-19, termasuk di kalangan prajurit,
"Kita bersama-sama harus lebih waspada dalam menghadapi bahaya penularan COVID-19 karena para calon taruna ini adalah putra terbaik Bangsa bibit-bibit pemimpin bangsa. Jangan sampai mengancam masa depan Bangsa kita," sebut Politikus NasDem itu.
Lebih lanjut, sebagai mitra TNI, Farhan menegaskan pihaknya mendukung semua upaya TNI menanggulangi COVID-19 sebagai bagian dari perjuangan bersama dalam ketahanan nasional.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Farhan mendorong agar TNI juga melakukan evaluasi terhadap penanggulangan COVID-19 di internal TNI, termasuk di taruna Akmil.
"TNI harus segera melakukan evaluasi penanggulangan penularan COVID-19 agar segera ditemukan cara paling efektif sehingga TNI akan selalu menjadi contoh bagi Bangsa Indonesia," tandas Legislator dapil Jabar itu.
Informasi mengenai 30 taruna akmil positif COVID-19 itu disampaikan Kolonel Ckm dr. Rusli selaku Kepala Kesehatan Kodam IV Diponegoro sekaligus Kepala Rumah Sakit Tingkat II Dr. Soedjono, Magelang.
Para taruna tersebut dalam kondisi sehat, hanya ada beberapa yang merasakan gejala COVID-19 ringan.
"30 calon taruna yang positif COVID-19 diisolasi di Rumah Sakit Tingkat II Dr. Soedjono yang dipisah dengan pasien Covid-19," kata Rusli seperti yang dilihat kumparan di akun Youtube TNI AD, Minggu (6/9).
ADVERTISEMENT