kumparan
11 November 2019 11:09

Komisi I Undang Prabowo Rapat Bahas Alutsista dan Pertahanan Nasional

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Komisi I DPR RI akan menggelar rapat kerja perdana dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Senin (11/11). Ketua Komisi I, Meutya Hafid, mengatakan, agenda kali ini akan memfokuskan visi Presiden Jokowi untuk memodernisasi alutsista TNI.
ADVERTISEMENT
"Agendanya tentu kan? Ini Menhan baru, jadi kita ingin dengarkan bagaimana beliau mentransisikan visi presiden untuk modernisasi atau alutsista yang modern," ujar Meutya saat ditemui di Gedung DPR, Senin (11/11).
DPR juga akan mengingatkan target pemerintah yang ingin memprioritaskan industri pertahanan dalam negeri. Meutya menyebut, Komisi I ingin meminta penjelasan Prabowo agar bisa merealisasikan rencana Jokowi tersebut.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Gedung DPR RI. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
"Kita tahu dalam ratas, presiden juga mengatakan keberpihakan terhadap industri Pertahanan Nasional, kita ingin dari Menteri Pertahanan karena kebijakan umum dari Presiden tersebut nanti yang menjalankan dan merancang kebijakan umumnya adalah Menhan," ungkap Meutya.
"Maka kita ingin dengarkan sikap menhan terkait bagaimana atau apa yang akan dilakukan dalam hal meningkatkan kekuatan TNI kita," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Politikus Golkar itu berharap Prabowo bisa membeberkan langkah yang akan diambilnya untuk memanfaatkan anggaran 2020 mendatang. Termasuk soal alutsista.
"Dari situ bagaimana beliau bisa memaksimalkan anggaran atau Pagu alokasi yang sudah diberikan kepada Kemhan untuk kemudian mencapai target-target yang sesuai dengan visi dari presiden, yaitu alutsista yang modern dan juga TNI yang profesional," kata Meutya.
Pantauan kumparan, Prabowo sudah tiba di Gedung DPR pukul 10.30 WIB. Rapat akan dimulai pukul 11.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan