News
·
30 Oktober 2019 18:42

Komisi III: Idham Azis Jabat 14 Bulan, Setelah Itu Ada Kapolri Baru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Komisi III: Idham Azis Jabat 14 Bulan, Setelah Itu Ada Kapolri Baru (37428)
Komjen Pol Idham Azis bersiap mengikuti uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Komisi III DPR menyetujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri pengganti Jenderal (Purn) Tito Karnavian. Idham Azis akan menjabat Kapolri selama 14 bulan, sesuai dengan masa aktif sebagai anggota Polri.
ADVERTISEMENT
Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa mengatakan, setelah 14 bulan, akan digelar kembali fit and proper test menentukan Kapolri baru.
"Sebelum berakhir 14 bulan, pasti Presiden akan mengusulkan lagi calon Kapolri baru," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).
Komisi III: Idham Azis Jabat 14 Bulan, Setelah Itu Ada Kapolri Baru (37429)
Komjen Pol Idham Azis mengikuti uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Desmond menilai hal itu tak masalah, sebab sembari Idham Azis menjabat sebagai Kapolri, akan banyak jenderal bintang tiga yang pensiun. Sehingga regenerasi Polri akan kembali sehat.
"Selama 14 bulan ini kan banyak jenderal-jenderal bintang 3 yang pensiun, nah tentunya itu lebih sehat nanti. Banyak orang yang punya kapasitas," ucapnya.
Desmond menjelaskan alasan fit and proper test Idham Azis di DPR tergolong singkat. Sebab, kata dia, Wakapolri Komjen Ari Dono yang kini menjadi Plt Kapolri dalam waktu dekat juga akan pensiun. Sehingga tak terjadi kekosongan jabatan di tubuh Polri.
ADVERTISEMENT
"Wakapolri juga pensiun kan. Nah ini yang kami membuat keputusan bahwa, oke kita proper ini ya dan hari ini kita selesaikan," ucapnya.