kumparan
News24 Maret 2020 16:26

Komisi III Ingatkan Menkumham Gerak Cepat Cegah Corona Tak Menyebar ke Lapas

Konten Redaksi kumparan
POTRAIT, Ilustrasi lapas
Ilustrasi lapas. Foto: Pixabay
Anggota Komisi III F-PKS Aboe Bakar Alhabsyi meminta Kementerian Hukum dan HAM memperhatikan nasib para narapidana di lapas di tengah wabah corona ini. Ia mengingatkan Menkumham Yasonna Laoly untuk mengambil langkah yang cepat guna mencegah penyebaran virus corona ke lapas.
ADVERTISEMENT
Salah satu langkah yang perlu dilakukan, adalah menyemprot lapas dengan disinfektan.
"Perlu ada menjaga kebersihan dalam lapas, dengan menyemprotkan disinfektan dan mengatur pola hidup sehat untuk semua penghuni lapas. Ini adalah bagian dari langkah pencegahan penyebaran corona dalam lapas," kata Aboe kepada wartawan, Selasa (24/3).
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Al-Habsyi
Anggota Komisi III DPR dari PKS, Habib Aboe Bakar Al-Habsyi. Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
Anggota DPR Dapil Kalsel itu pun meminta petugas serta penghuni lapas diperiksa secara berkala kondisi kesehatannya. Khusus untuk petugas lapas, ia meminta mereka dilengkapi alat pelindung diri yang memadai.
"Para sipir dan petugas perlu mendapatkan alat pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer untuk memberikan perlindungan kepada mereka," katanya.
Lapas Khusus Narkoba Pangkalpinang
Lapas Khusus Narkoba Pangkalpinang. Foto: Teuku Valdy/kumparan
Lebih lanjut, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR itu menilai Kemenkumham harus bergerak cepat mengantisipasi corona, lantaran lapas bermasalah dengan kapasitas. Hal ini bertentangan dengan imbauan pemerintah soal social distancing (menjaga jarak) untuk mencegah virus corona.
ADVERTISEMENT
"Seperti yang terjadi di dapil saya, ada Lapas Teluk Dalam, kapasitasnya hanya mampu menampung 366 orang. Namun kenyataannya saat ini dihuni lebih dari 2.600 orang warga binaan. Kondisi serupa juga terjadi di Jakarta. Kapasitas ideal Lapas Cipinang 850 orang, namun saat ini mengalami kelebihan kapasitas tampung hingga 3.955 warga binaan," paparnya.
PMI Desinfeksi Lapas Sukamiskin Bandung
Anggota PMI Kota Bandung menyemprotkan cairan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Sukamiskin, Kota Bandung, Senin (23/3/2020). Foto: Humas Kota Bandung
Aboe juga meminta agar ada pembatasan kunjungan ke lapas. Sebab hal tersebut sangat rentan dengan penyebaran corona.
"Hal ini untuk melindungi agar tidak ada yang membawa COVID-19 ke dalam lapas," tuturnya.
PMI bersama Kemenkumham Perangi Penyebaran Virus Covid 19
Petugas PMI menyemprotkan cairan disinfektan di kursi pengunjung Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Beberapa hari terakhir, sejumlah lapas dan rutan sudah disemprot disinfektar. Termasuk Rutan dan Lapas Cipinang serta Lapas Sukamiskin.
Sejumlah lapas dan rutan pun sudah menghentikan sementara kunjungan tatap muka. Sebagai gantinya, kunjungan dilakukan melalui video call.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan