kumparan
26 April 2019 13:30

Anggota Komisi Informasi Pusat Cek Server KPU: Sangat Layak Dipercaya

Kunjungan KIP ke KPU
Ketua KPU Arief Budiman (tengah). Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Komisi Informasi Pusat (KIP) mendatangi kantor KPU di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4). Mereka datang untuk memeriksa server KPU yang masih berjalan menginput hasil hitung suara di TPS (C1).
ADVERTISEMENT
Salah satu Komisioner KIP, Romanus Ndau, memuji peralatan teknologi yang dimiliki KPU terutama di ruang server. Romanus mengatakan KPU sudah sangat transparan dalam memberikan informasi pemilu 2019 kepada masyarakat Indonesia.
"Ini saya kira luar biasa sumber daya luar biasa dan KPU sudah menjalankannya dengan baik. Yang kedua KPU ini memiliki sistem layanan informasi yang modern, penggunaan teknologi terbaru yang memungkinkan informasi cepat dipantau dan dijabarkan oleh masyarakat," kata Romanus di lokasi.
Ruang monitoring KPU Pusat
Ruang monitoring KPU RI. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Romanus menambahkan KPU diisi oleh anak-anak muda yang mempunyai idealisme tinggi. Hal itu menunjukan, KPU sudah berdaulat dalam menyelenggarakan Pemilu 2019.
"KPU ini kumpulan anak muda yang punya idealisme untuk membuat bangsa ini menjadi bangsa yang baik yang sangat demokratis oleh karena itu, kita sangat berharap bahwa idealisme itu diimplementasikan dengan program-program yang membuat seluruh informasi itu bisa cepat dibuka masyarakat," jelas Romanus.
ADVERTISEMENT
"Saya kira ini menunjukkan bangsa ini berdaulat dan KPU sangat berdaulat, seluruh keputusan diproses di kantor ini dan ini saya kira apresiasi yang luar biasa untuk mengantisipasi pandangan-pandangan yang cukup negatif karena kita tahu politik sensitif, politik itu mendapatkan atensi yang besar dari masyarakat," lanjut Romanus.
Kunjungan KIP ke KPU
Kunjungan KIP ke KPU. Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Lebih lanjut, KIP meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak membuat hoaks mengenai pemilu. KIP juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menemukan adanya kecurangan atau kejanggalan dalam pemilu untuk segera melapor ke KPU.
"Sekali lagi ini adalah bukti dalam pandangan kami, KPU sangat layak dipercaya selain Situng dibangun dengan teknologi yang baik, dan sumber daya yang baik, antusiasme untuk pemilu sangat kuat, sehingga sekecil apapun keluhan orang untuk menyalahgunakan masalah itu sangat susah. Sehingga kami percaya kalau KPU lembaga yang bisa sangat kita andalkan untuk membuat pemilu berjalan lancar," tutur Romanus.
ADVERTISEMENT
Sementara Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan KPU sudah memberikan penjelasan kepada KIP mengenai proses scan C1 di Situng . KPU memastikan akan menindaklanjuti segala laporan maupun temuan masyarakat jika ada dugaan kecurangan dalam pemilu.
"Hari ini saya mengajak beliau (Romanus) untuk melihat bagaimana KPU menyediakan informasi itu, apa yang digunakan, siapa yang mengerjakan dan apakah ini sudah memenuhi standar kelayakan unsur sebuah informasi disampaikan kepada publik," ujar Arief.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan