News
·
19 Agustus 2020 13:00

Komisi IX DPR Diminta Panggil Kemenkes soal Polemik Nama Anggota KKI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Komisi IX DPR Diminta Panggil Kemenkes soal Polemik Nama Anggota KKI (15556)
Presiden Jokowi lantik keanggotaan Kompolnas periode 2020-2025 di Istana Negara. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi hari ini melantik 17 anggota Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di Istana Negara, Jakarta. Namun, nama-nama yang dilantik ternyata berbeda dengan yang diusulkan sejumlah organisasi kedokteran seperti IDI, PDGI, AIPKI, AFDOKGI, MKKI, MKKGI, dan ARSPI.
ADVERTISEMENT
Nama-nama tersebut dipertanyakan oleh organisasi dokter karena tidak sesuai dengan yang menjadi usulan mereka. Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengusulkan komisinya untuk memanggil Kemenkes untuk mencari tahu mengapa ada perbedaan nama-nama anggota KKI 2020-2025 yang dilantik Jokowi.
"Dalam konteks itu, saya mengusulkan agar komisi IX memanggil Kementerian Kesehatan dan pihak terkait. Pada kesempatan itu nanti akan ditelusuri bagaimana duduk persoalan yang sebenarnya," kata Saleh kepada kumparan, Rabu (19/8).
"Semua pihak diharapkan dapat menyampaikan informasi yang diperlukan," lanjutnya.
Komisi IX DPR Diminta Panggil Kemenkes soal Polemik Nama Anggota KKI (15557)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Jakarta, Senin (3/2). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Saleh juga turut mempertanyakan keluarnya nama-nama yang tak sesuai dengan apa yang menjadi usulan awal. Sebab, Kemenkes mengaku tidak pernah melaporkan urusan ini pada Komisi IX yang menjadi mitra kerja mereka.
ADVERTISEMENT
"Ini kan sulit ya. Perpresnya sudah keluar, orang-orangnya sudah dilantik. Kalau pun ada evaluasi, ini tentu diarahkan bagi upaya perbaikan di masa yang akan datang," katanya.
Dia memahami keberatan yang ditunjukan IDI dan beberapa organisasi lainnya. Sebab, KKI adalah instrumen sangat penting di dunia kedokteran.
"Tugasnya tidak hanya mengatur persoalan praktik dokter di hilir, tetapi juga mengatur persoalan pendidikan kedokteran di hulu," ujarnya.
"Karena itu, KKI ini harus kuat dan harus mampu menjalin hubungan erat dengan semua organisasi dan elemen terkait," pungkasnya.
Diketahui, nama-nama anggota KKI periode 2020-2025 yang baru saja dilantik Jokowi adalah:
1. dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD., FINASIM
2. Dr. dr. Dollar, S.H., M.H
3. drg. Nurdjamil Sayuti, MARS
ADVERTISEMENT
4. drg. Nadhyanto, Sp.Pros.
5. dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS
6. drg. Achmad Syukrul A., M.M
7. Prof. Dr. dr Bachtiar Murtala, Sp.Rad (K)
8. drg. Andriani, Sp.Ort., F.I.C.D.,
9. Sdr. Vonny Nouva Tubagus, MD., Radiologist
10. dr. Ni Nyoman Mahartini, Sp.PK (K)
11. Drs. Mohammad Agus Samsudin, M.M
12. Drs. Hisyam Said. , M.Sc
13. Prof. Intan Ahmad Musmeinan, Ph.D
14. Prof. Dr. Taruna Ikrar, M. Biomed., Ph.D
15. drg. Sri Rahayu Mustikowati, M.Kes., CFrA
16. Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed., PBO
17. dr. Hj. Mariatul Fadilah, MARS. , Ph.D.