kumparan
11 April 2019 19:05

Komisioner KPU Terbang ke Malaysia, Cek Surat Suara Tercoblos 01

KPU, Simulasi Pemilu 2019
Surat suara yang sudah dicoblos, dimasukan ke dalam kotak suara pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
KPU masih terus menyelidiki terkait temuan adanya suara suara yang sudah tercoblos paslon nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin di Malaysia. Rencananya pimpinan KPU akan terbang ke Malaysia malam ini untuk memeriksa secara langsung temuan ini.
ADVERTISEMENT
"Beberapa hal yang KPU pastikan dalam temuan ini mulai dari lokasi penemuan surat suara hingga surat suara itu akan digunakan untuk pemilu dalam metode apa. Sehingga kami perlu melalui rapat pleno menugaskan Pak Hasyim Asyari dan Pak Ilham (dua Komisioner KPU) untuk datang ke Malaysia secara langsung," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/4).
Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan di Gedung KPU RI, Jakarta
Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (30/08/2018). Foto: Nadia K Putri
Wahyu menuturkan, sebenarnya KPU sudah mengetahui informasi mengenai surat suara tercoblos ini. Namun informasi lebih lanjut terkait hal ini belum bisa disampaikan kepada publik, karena masih harus ditelusuri lebih dalam.
"Sudah ada informasi, tapi tidak bisa kami jelaskan itulah kenapa kami merasa perlu mengirim tim kesana dalam rangka memastikan informasi itu dapat dipertanggungjawabkan dan akurat begitu," jelas Wahyu.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan, ada beberapa hal yang ingin dipastikan dalam kunjungannya ke Malaysia nanti. Mulai dari lokasi penyimpanan surat suara hingga keaslian surat suara itu.
"Surat suara itu belum jelas, itu produksinya KPU atau bukan? Gudang itu punya KPU atau bukan? Kalau belum jelas tiba-tiba sudah seandainya-seandainya gak bisa, berpikir hukum harus melihat fakta hukumnya bagaimana," kata Hasyim.
Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari
Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari di Menteng, Jakarta Pusat. Foto: Adhim Mugni Mubaroq/kumparan
Selain itu, Hasyim ingin memastikan KPU selalu melibatkan Bawaslu dalam kegiatan pengawasan pemilu. Termasuk untuk pemungutan suara di Malaysia yang baru akan digelar pada Minggu (14/4) mendatang.
"Kalau pengawas kan memang tugasnya yang namanya petugas mengawasi kan, bisa mengawasi lah. Caranya bagaimana, kan tergantung atau terserah metode pengawasan," tutur Hasyim.Beredar sebuah video berdurasi lima menit yang memperlihatkan surat suara untuk Pemilu 2019 Indonesia di Selangor, Malaysia, sudah tercoblos. Surat suara yang tercoblos itu disimpan dalam sebuah ruko tak berpenghuni.
ADVERTISEMENT
Video
Beredar sebuah video berdurasi lima menit yang memperlihatkan surat suara untuk Pemilu 2019 Indonesia di Selangor, Malaysia, sudah tercoblos. Surat suara yang tercoblos itu disimpan dalam sebuah ruko tak berpenghuni.
Dalam video itu, tampak surat suara pilpres tercoblos untuk pasangan 01 Jokowi - Ma'ruf Amin. Sementara untuk pileg DPR RI tercoblos untuk caleg bernama Achmad dari Partai NasDem dengan nomor urut 03. Namun, belum diketahui secara pasti kapan video itu diambil.
----------------------------------------------
kumparan akan menayangkan live streaming debat terakhir Pilpres 2019 pada Sabtu (13/4). Live streaming debat dengan tema ‘Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri’ dapat disaksikan di semua platform kumparan atau melalui channel Youtube kumparan.
Poster Pemilu 2019
Poster Pemilu 2019. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT