kumparan
11 Oktober 2019 16:36

Konferensi Pers 12 Jam, Presiden Ukraina Pecahkan Rekor

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Foto: AFP
Komedian yang terpilih menjadi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mencetak rekor yang tak pernah dicapai pemimpin dunia lainnya.
ADVERTISEMENT
Pada Kamis (10/10) lalu, Zelensky menggelar konferensi pers selama 12 jam, terlama sepanjang sejarah dunia.
Konferensi pers tersebut merupakan yang pertama sejak Zelensky menang pemilu Ukraina pada Mei 2019 lalu.
Zelensky saat mengetahui bahwa dirinya memecahkan rekor dunia mengatakan hal itu tak perlu dibesar-besarkan. Sebab, dirinya mengaku sebagai sosok yang sederhana dan tak suka perayaan.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Foto: AFP
Konferensi pers bersejarah Zelensky digelar di sebuah food court ternama di ibu kota Kiev. Ratusan jurnalis lokal dan internasional ikut serta dalam acara tersebut, demikian dilansir AFP.
Sepanjang konferensi pers Zelensky membahas berbagai peristiwa, seperti perang di Ukraina bagian timur, hubungan dengan Rusia, dan komunikasinya dengan Donald Trump yang berujung proses pemakzulan terhadap pemimpin AS itu.
ADVERTISEMENT
Sebelum menggelar konferensi pers, Zelensky mengaku mendapatkan suntikan "doping" agar kuat berbicara selama belasan jam.
Belum ada badan dunia resmi yang mencatat seberapa lama seorang pemimpin dunia menggelar konferensi pers. Meski demikian, sebelumnya ada Presiden Belarusia Alexander Lukashenko yang menggelar konferensi pers selama tujuh jam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan