kumparan
20 November 2019 17:35

Kopilot Wings Air Diduga Bunuh Diri

Wings Air
Wings Air. Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro (29), first officer (kopilot) Wings Air meninggal dunia. Informasi yang diperoleh kumparan, Nicolaus meninggal karena bunuh diri. Penyebab bunuh dirinya masih misterius.
ADVERTISEMENT
kumparan kemudian mengkonfirmasikan hal itu ke Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantono, dia membenarkan meninggalnya Nicolaus.
Wings Air
Pesawat Wings Air gangguan mesin Foto: Fiqman Sunandar/Antara
Namun, saat ditanya soal penyebab meninggalnya karena bunuh diri, Danang hanya menjawab,"Itu nanti pihak terkait yang akan menjawab." Danang dihubungi kumparan, Rabu (20/11).
Danang mengatakan segenap manajemen, kru pesawat, dan karyawan Wings Air mengucapkan rasa duka yang mendalam dan menyampaikan turut prihatin atas kejadian tersebut.
"Atas meninggal dunia kopilot (first officer) Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro, segenap jajaran manajemen, kru pesawat (air crew) dan seluruh karyawan Wings Air mengucapkan rasa duka yang mendalam dan menyampaikan turut prihatin atas kejadian tersebut," demikian keterangan Danang.
Mengenai penyebab meninggalnya Nicolaus, Danang tidak mau memberikan keterangan jelas. Namun, Danang dalam rilisnya sempat menyinggung soal penerapan aturan kedisiplinan karyawan perusahaan.
ADVERTISEMENT
"Bahwa penerapan aturan kerja, kedisiplinan dan pelaksanaan standar operasional prosedur berlaku kepada semua awak pesawat dalam hal ini awak kokpit. Hal ini sudah sesuai ketentuan dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first)," kata Danang.
Danang menegaskan, Wings Air sudah mengimplementasikan program pembinaan kepada seluruh karyawan, termasuk awak pesawat. Kebijakan itu berfungsi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, integritas dan berkarakter baik, sebagai upaya peningkatan kinerja tinggi.
"Wings Air juga sudah melakukan pembinaan secara bertahap kepada awak kokpit yang melakukan tindakan tidak disiplin (indisipliner). Apabila dalam fase pembinaan, karyawan atau awak kokpit tidak memenuhi kualifikasi/ hasil yang diharapkan, maka perusahaan akan memberikan penindakan/ keputusan sesuai aturan," tegas Danang tanpa menjelaskan lebih lanjut kaitan pelanggaran disiplin dengan meninggalnya Nicolaus.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan