kumparan
14 Jun 2018 10:01 WIB

Korban Tewas Kapal Tenggelam di Makassar Bertambah Jadi 15 Orang

Korban Kapal KM Arista Tenggelam di Makassar (Foto: Dok Basarnas Makassar)
Tim penyelamat kembali menemukan dua orang korban tenggelamnya KM Arista di perairan Makassar. Keduanya merupakan anak-anak, yakni Soraya (6) dan Indriani (7).
ADVERTISEMENT
Koordinator Rescuers SAR Gabungan, Nasaruddin, menerangkan dengan ditemukan dua bocah tersebut dinyatakan korban meninggal menjadi 15 orang. Sementara, enam korban lainnya masih dinyatakan hilang.
"Korban bernama Soraya umur enam tahun dan Indriani tujuh tahun berhasil ditemukan Tim KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai). Jenazahnya dibawa ke Rumah Sakit Jalla Ammari TNI Angkatan Laut, namun dipindahkan ke RS Bhayangkara," ujar Nasaruddin di Makassar, Kamis (14/6) seperti dikutip dari Antara.
Ilustrasi Kapal Tenggelam (Foto: Pixabay)
Kedua korban tersebut ditemukan tim penyelamat pada Kamis dini hari, tepatnya pukul 00.40 WITA. Saat itu, petugas hendak mengikat bangkai kapal agar tidak bergerak guna memudahkan proses pencarian.
Sebab, Rabu (13/6) malam, sudah keluar instruksi agar pencarian korban dilanjutkan keesokan harinya. Namun saat hendak mengikat bangkai kapal, petugas melihat ada kaki yang berada di dalam kapal tersebut. Petugas selanjutnya langsung mengevakuasi kedua jenazah korban.
ADVERTISEMENT
"Keduanya terjepit pada daerah permesinan kapal tempat penampungan solar, sehingga kedua jasadnya ditemukan dalam kondisi kulit menghitam karena terkena solar," ungkapnya.
Kapal Arista yang merupakan kapal nelayan tenggelam pada Rabu (13/6) pukul 12.45 WITA. Saat itu, kapal ditumpangi oleh sekitar 43 penumpang. Kapal bergerak dari Pelabuhan Paotere menuju Pulau Barrang Lompo.
Dari data sementara, tercatat korban meninggal sebanyak 15 orang, korban selamat 22 orang dan korban yang masih hilang sebanyak enam orang. Adapun 15 korban yang dinyatakan meninggal dunia yakni Rita (31), Asriani (6), Marani (48), Marwah (42), Rahman (6), Dalima (46), Nio (50), dan Arsyam (1). Kemudian Sitti Aminah (60), Rahmawati (8), Arini (30), Rusdiana (37), dan Suryani (35), Soraya (6), dan Indriani (7).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan