News
·
27 April 2021 14:20

KPK Duga AKP Stepanus Robin Pakai Rekening 2 Rekannya untuk Tampung Uang Suap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
KPK Duga AKP Stepanus Robin Pakai Rekening 2 Rekannya untuk Tampung Uang Suap (332891)
searchPerbesar
AKP Stepanus Robin Pattuju, penyidik KPK yang jadi tersangka kasus suap. Foto: Instagram/@official.kpk
KPK memeriksa 2 orang sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penyidik AKP Stepanus Robin pada Selasa (27/4) ini. Keduanya adalah Riefka Amalia dan Angga Yudistira selaku pihak swasta.
ADVERTISEMENT
Dalam kasus ini, Stepanus diduga menerima suap Rp 1,3 miliar dari Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial. Imbalannya, Stepanus berjanji akan menghentikan perkara dugaan jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai yang diusut KPK.
Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan Riefka dan Angga diperiksa karena rekening keduanya diduga dipakai Stepanus untuk menampung uang suap.
"Kedua saksi tersebut dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan penggunaan rekening bank milik para saksi oleh tersangka SRP dan MH (Maskur Husain) untuk menerima aliran sejumlah dana," kata Ali dalam keterangannya, Selasa (27/4).
KPK Duga AKP Stepanus Robin Pakai Rekening 2 Rekannya untuk Tampung Uang Suap (332892)
searchPerbesar
Bukti kasus suap penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju. Foto: Instagram/@official.kpk
Di perkara ini, nama Riefka sudah pernah disebut saat KPK menggelar konferensi pers penetapan tersangka. Rekening Riefka diduga dipakai Stepanus untuk menerima suap dari Syahrial melalui transfer sebanyak 59 kali transfer.
ADVERTISEMENT
Bahkan pembukaan rekening atas nama Riefka telah disiapkan Stepanus atas inisiatif Maskur sejak Juli 2020, atau 3 bulan sebelum pertemuan Stepanus dan Syahrial di rumah dinas Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, pada Oktober 2020.
Sementara penggunaan rekening atas nama Angga tak dijelaskan Ali. Ia hanya memastikan seluruh keterangan saksi dicatat dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan akan dibuka di persidangan.
KPK Duga AKP Stepanus Robin Pakai Rekening 2 Rekannya untuk Tampung Uang Suap (332893)
searchPerbesar
Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK Ali Fikri. Foto: Humas KPK
"KPK memastikan akan tangani perkara ini dengan serius, transparan dan seluruh proses penyidikan dilakukan sesuai aturan hukum berlaku," kata Ali.
Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan 3 orang sebagai tersangka yakni Stepanus, Maskur, dan Syahrial.
Stepanus diduga tak hanya menerima uang dari Syahrial. KPK menduga Stepanus menerima Rp 438 juta dari pihak lain, namun identitasnya belum disampaikan.
ADVERTISEMENT