kumparan
25 November 2019 10:44

KPK Panggil 2 Direktur PT AP II Terkait Kasus Suap Proyek Bagasi

PTR, Ilustrasi tahanan KPK.
Ilustrasi tahanan KPK. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura (AP) II Djoko Murjatmodjo dan Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara PT AP II Ituk Herarindri. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi.
ADVERTISEMENT
Djoko dan Ituk akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Indonesia Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) Darman Mappangara (DMP).
"Akan kami periksa sebagai saksi untuk tersangka DMP," kata juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Senin (25/11).
Selain itu, pemeriksaan juga diagendakan terhadap mantan Senior Officer SBU Defense and Digital Service PT INTI, Andi Nugroho. Ia juga akan diperiksa penyidik KPK untuk tersangka Darman.
Belum diketahui materi spesifik yang akan ditanyakan kepada ketiganya. Namun, Febri menyebut mereka akan diperiksa terkait dengan pengadaan pekerjaan Baggage Handling System (BHS) pada PT Angkasa Akura Propertindo yang dilaksanakan oleh PT INTI tahun 2019.
Ilustrasi KPK
Ilustrasi KPK. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
KPK dalam kasus dugaan suap proyek bagasi ini menetapkan tiga orang tersangka. Ketiganya adalah eks Direktur Keuangan AP II Andra Y Agussalam; eks Dirut PT INTI Darman Mappangara; dan staf PT INTI Taswin Nur.
ADVERTISEMENT
KPK menduga suap senilai SGD 96.700 diterima Andra dari Taswin, untuk memuluskan upaya PT INTI memperoleh pekerjaan proyek bagasi tersebut. Uang suap untuk Andra tersebut belakangan diketahui diberikan Taswin atas perintah Darman.
Selain pengusutan suap proyek bagasi, KPK telah mengembangkan penanganan perkara dengan mengusut dua proyek lain yang ditangani PT AP II. Kedua proyek itu ialah VDGS (Visual Docking Guidance System) dan pekerjaan pengamanan penerbangan dari gangguan burung (Bird Strike).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan