kumparan
search-gray
News11 Februari 2020 13:55

KPK Rampungkan Berkas Penyidikan Bupati Indramayu, Supendi

Konten Redaksi kumparan
KPK Rampungkan Berkas Penyidikan Bupati Indramayu, Supendi (9441)
Bupati Indramayu nonaktif, Supendi. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
KPK sudah merampungkan berkas penyidikan kasus dugaan suap Bupati Indramayu nonaktif, Supendi. Dengan lengkapnya berkas tersebut, Supendi segera disidang dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Plt. juru bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan berkas perkara Supendi sudah dilimpahkan ke pihak jaksa penuntut umum.
"Penyidik, hari ini, melakukan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) kepada JPU," ujar Ali dalam keterangannya, Selasa (11/2).
KPK Rampungkan Berkas Penyidikan Bupati Indramayu, Supendi (9442)
Bupati Indramayu nonaktif, Supendi. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Selain Supendi, berkas dua tersangka tersangka eks Kabid Jalan Dinas PUPR Indramayu, Wempy Triyono, dan Kadis PUPR Indramayu, Omarsyah, juga sudah dirampungkan penyidik KPK.
Berkas keduanya pun sudah berada di tangan jaksa untuk disusun dakwaannya. Dalam jangka waktu 14 hari kerja, jaksa akan melimpahkan dakwaan itu ke Pengadilan Tipikor.
"Persidangan rencananya akan dilaksanakan di PN Tipikor Bandung. Total saksi yang sudah diperiksa sebanyak 128 saksi," ucapnya.
KPK Rampungkan Berkas Penyidikan Bupati Indramayu, Supendi (9443)
Tersangka mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Omarsyah (kanan), dan mantan Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Wempy Triyono. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Dalam kasus ini, Supendi bersama Omarsyah dan Wempy Triyono diduga menerima suap total senilai Rp 1,11 miliar dari Carsa AS.
ADVERTISEMENT
Suap itu diduga terkait sejumlah proyek di Dinas PU Indramayu. Diduga, suap diberikan agar perusahaan CV Agung Resik Pratama milik Carsa AS, mendapat sejumlah proyek.
Suap yang diduga diterima Supendi senilai Rp 200 juta, Omarsyah sebesar Rp 350 juta serta sepeda, dan Wempy dengan nilai Rp 560 juta.
Kasus itu kemudian terjerat dalam OTT KPK. Ketiganya sudah dijerat sebagai tersangka penerima suap. Sementara Carsa dijerat sebagai tersangka pemberi suap.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white