kumparan
News16 September 2019 20:20

KPK Sampaikan Belasungkawa untuk HS Dillon

Konten Redaksi kumparan
HS Dillon
HS Dillon. Foto: Facebook/@Harbrinderjit Singh Dillon
KPK menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya aktivis HAM dan pengamat sosial-ekonomi, HS Dillon. KPK menilai selama ini Dillon tak pernah lepas memberi dukungan kepada lembaga antirasuah itu.
ADVERTISEMENT
"Kami menyampaikan belasungkawa terhadap berpulangnya salah satu pejuang HAM dan pegiat antikorupsi yang gigih mendukung KPK semasa hidupnya. Datang ketika KPK butuh dukungan, dan mengkritik ketika KPK perlu diingatkan," kata Jubir KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulis, Senin (16/9).
Febri menyampaikan, semangat pemberantasan korupsi yang digaungkan Dillon harus tetap dijaga dan menjadi inspirasi.
"Semoga almarhum HS Dillon mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya. Dan segala semangat pemberantasan korupsi dan perjuangan HAM yang semasa hidupnya dijalani semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua," tutur dia.
Dillon meninggal sore ini pukul 18.27 Wita di RS Siloam, Bali. Dillon meninggal di usia 74 tahun.
Dillon lahir di Medan dan menempuh pendidikan di Universitas Sumatera Utara dan Cornell University, AS.
ADVERTISEMENT
Semasa hidupnya, Dillon merupakan tokoh yang banyak berkiprah di berbagai bidang. Dillon pernah menjadi staf ahli menteri pertanian era Orde Baru. Kemudian pernah menjadi anggota Komnas HAM, dan pernah tergabung dalam Tim Gabungan Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi (TGTPPK) pada 2000-2001. Pada masa pemerintahan SBY, Dillon menjadi Utusan Khusus Presiden bidang Penanggulangan Kemiskinan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan