kumparan
26 Februari 2019 19:07

KPU: Debat Pilpres Kelima Digelar Sabtu 13 April

Ketua KPU Arief Budiman
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
KPU telah menggelar rapat bersama Bawaslu, stasiun TV penyelenggara, dan masing-masing timses paslon 01 dan 02 terkait pelaksanaan debat Pilpres 2019 kelima.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil rapat, diputuskan debat kelima digelar 13 April atau 4 hari sebelum pencoblosan. Adapun lokasi debat, kata Arief, kemungkinan di Hotel Sultan Jakarta.
"Debat kelima diputuskan digelar 13 April mendatang," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).
Debat kelima nanti mempertemukan masing-masing capres dan cawapres pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Tema yang dibahas mengenai ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan dan industri.
Keputusan dipilihnya tanggal 13 April setelah KPU dan masing-masing timses melakukan pengundian.
Debat Pertama Pilpres, Pasangan Calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi
Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi saat debat Pilpres 2019 di hotel Bidakara. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Selain memutuskan penyelenggaraan debat kelima, KPU bersama dengan timses juga sudah menyepakati jumlah undangan di debat ketiga akan dikurangi. Akan tetapi berapa jumlah penonton debat, hingga saat ini belum ditetapkan.
ADVERTISEMENT
"Kita sepakati mulai dari lokasi, kemudian layout, kemudian jumlah undangan moderator sudah disepakati. Kemudian panelis nama-namanya juga sudah mulai mengerucut kita akan tetapkan Selasa (5/3) minggu depan," ucap Arief.
Sementara itu mengenai moderator dan panelis debat ketiga, Arief mengaku hingga saat belum diputuskan. Namun KPU telah mengusulkan dua nama untuk menjadi moderator debat ketiga yakni Alfito Deannova Ginting dan Putri Ayuningtyas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan