kumparan
23 Januari 2020 19:34

KPU Minta Parpol Pro Aktif Cek Daftar Pemilih Pilkada Serentak 2020

Ilustrasi warga mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Ilustrasi warga mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT) Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Ketua KPU Arief Budiman meminta agar partai-partai politik peserta Pilkada 2020 turut mengecek daftar pemilih yang saat ini masih berupa Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Data itu akan diverifikasi untuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).
ADVERTISEMENT
“Kalau ada keberatan nanti disampaikan kepada kita,” ungkap Arief di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).
KPU baru menerima secara resmi Data Penduduk Pemilih Potensi Pemilu (DP4) dari Kemendagri sejumlah 105. 396. 460 pemilih untuk 270 Pilkada.
Arief mengatakan, jika partai-partai politik punya data soal pemilih belum masuk DP4, misal konstituen, maka sebaiknya dilakukan segera. Jangan sampai sudah jadi DPS atau DPT baru protes.
“Misal sekarang masih DP4, kalau memang ada catatan silakan dimasukkan sekarang. Jangan nunggu nanti misal DPS (Daftar Pemilih Sementara) sudah terbit tapi beri masukan tentang DP4.
“Jadi mohon diberikan masukan sesuai tahapan karena tahapan berjalan berurutan jadi jangan balik ke belakang,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Sebagai catatan, di Pemilu 2019 lalu, persoalan daftar pemilih pernah mengemuka. Kala itu Koalisi Prabowo-Sandi mempersoalkan tak masuknya 31 juta pemilik hak pilih ke dalam DPT yang sudah ditetapkan KPU.
Temuan itu membuat KPU akhirnya menurunkan data itu ke lapangan lagi dan mengubah DPT.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan