kumparan
15 Sep 2018 18:53 WIB

KPU Pastikan DPT Ganda di Bawah 1 Juta, Direkapitulasi Minggu

Viryan Azis Komisioner KPU. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
KPU memastikan DPT ganda di bawah 1 juta pemilih. Artinya, hanya ada sekitar 1 persen dari jumlah DPT yang ditetapkan.
ADVERTISEMENT
Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan, jumlah DPT ganda dari hasil rekapitulasi saat ini hanya 1 persen dari jumlah DPT sebesar 185.732.093 pemilih.
"Data terakhir kami, data ganda dari 185 juta insyaallah di bawah 1 persen. Nama yang mengalami kegandaan di bawah 1 persen atau dibawah 1 juta, kami masih menunggu data-data hasil pencermatan KPU Kabupaten/Kota yang direkap KPU Provinsi. Hingga malam ini kami tunggu dan harapannya bisa dibersihkan sebersih mungkin sesuai semangat kami, DPT bersih," kata Viryan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9).
Viryan mengungkapkan DPT ganda berjumlah sekitar 795 ribu pemilih. Namun ia optimistis jumlah itu bisa berkurang. "Dari 185 juta di bawah 1 juta yaitu 795 ribu. Kami yakin akan berkurang karena akan dibersihkan di bawah. Terkait pemilih ganda kami rampungkan malam ini hingga besok pagi," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Rapat pleno terbuka DPT hasil perbaikan nasional dijadwalkan akan digelar pada Minggu (16/9). Saat ini proses perbaikan sudah sampai di KPU Provinsi.
"Besok (Minggu) pleno terbuka DPT hasil perbaikan nasional, penetapan udah berjalan di kab/kota sampai tadi malam koordinasi dengan Bawaslu dan kemarin sore ke KPU Provinsi, kalau ada yang belum selesai maka harus diselesaikan di daerah terkait data ganda," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan