kumparan
19 Maret 2019 10:46

KPU Tak Undang Menteri di Debat Keempat dan Kelima Pilpres

Komisioner KPU Wahyu Setiawan
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Fachrizal Rizal/kumparan
KPU memutuskan tidak lagi mengundang para menteri di debat keempat dan kelima Pilpres. Hal itu diputuskan setelah KPU menerima masukan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.
ADVERTISEMENT
"Setelah rapat koordinasi di Hotel Sultan bersama pihak TKN dan BPN, KPU tidak akan mengundang para menteri di debat keempat dan lima," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dikonfirmasi, Selasa (19/3).
Debat Ketiga Cawapres, Pemilu 2019, Ma'ruf Amin, Sandiaga Uno
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin (kiri) dan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Namun, para menteri masih dapat hadir untuk menyaksikan debat keempat dan lima secara langsung dari undangan yang diberikan oleh pihak TKN atau BPN. Karena ada dua jenis undangan untuk tamu debat Pilpres.
"Tak diundang dalam debat oleh KPU, tetapi apabila diundang oleh TKN atau BPN silakan. Tetapi tidak diundang oleh KPU. Karena hakikatnya undangan itu kan terdiri dari dua jenis, yang pertama undangan KPU, kedua undangan yang dikelola oleh TKN dan BPN," ucap Wahyu.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, Debat Pilpres 2019, Debat Capres Cawapres, Debat Pertama Pilpres
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, tiba pada Debat Pilpres 2019 perdana di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Selain itu, KPU menjelaskan, usulan tidak mengundang para menteri untuk menyaksikan debat Pilpres diharapkan dapat diimplementasikan saat debat Pilpres ketiga pada (17/3) lalu. Akan tetapi, hal itu batal terlaksana karena surat undangan sudah terlanjur disebar.
ADVERTISEMENT
"Untuk debat ketiga kemarin, kan tidak memungkinkan untuk dilaksanakan karena undangan terlanjur disebar, sehingga hal itu akan efektif untuk debat berikutnya untuk debat keempat dan kelima," ujar Wahyu.
Menko Polhukam Wiranto, Debat Capres 2019
Menko Polhukam Wiranto (kanan) tiba di Hotel Sultan Jakarta, Minggu, (17/2). Foto: Mirsan Simamora/kumparan
Wakil Badan Pemenangan Nasional Priyo Budi Santoso sebelumnya mempertanyakan sejumlah menteri yang hadir untuk menyaksikan debat pilpres secara langsung. Mereka meminta KPU mempertimbangkan kebijakan mengundang para menteri untuk menyaksikan debat pilpres.
"Pertanyaan kita di sini tadi misalnya kita usulkan apakah masih dipandang perlu mengundang menteri-menteri?" kata Priyo Kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).
Sebagai contoh, Priyo menyayangkan insiden antara BPN ketika melayangkan protes kepada KPU perihal Jokowi yang dianggap menyerang pribadi capres 02 Prabowo Subianto. Saat itu Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan disebut terlibat dalam kejadian itu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan