News
·
14 Januari 2021 20:15

KPU Tetapkan Gibran-Teguh Pemenang Pilwalkot Solo 21 Januari

Konten ini diproduksi oleh kumparan
KPU Tetapkan Gibran-Teguh Pemenang Pilwalkot Solo 21 Januari (30837)
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo nomor urut satu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa saat Debat Terbuka Pilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (6/11). Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO
KPU Solo bakal menetapkan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa (Gibran-Teguh) sebagai pemenang Pilwakot Solo pada Kamis (21/1) pekan depan.
ADVERTISEMENT
Penetapan kemenangan Gibran-Teguh ini akan digelar dengan jumlah undangan yang terbatas di Hotel Swissbell Solo. Pasalnya, masih berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Solo.
Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan, Pilwalkot Solo dipastikan tidak ada gugatan. Namun, KPU Solo tidak bisa serta merta menetapkan pihak yang menang sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK).
"MK rencananya akan menerbitkan BRPK pada tanggal 18 Januari. Dengan BRPK bisa dijadikan dasar hukum kami untuk menetapkan paslon Gibran-Teguh sebagai pemenang Pilwalkot Solo 9 Desember lalu," tutur dia kepada wartawan, Kamis (14/1).
KPU Tetapkan Gibran-Teguh Pemenang Pilwalkot Solo 21 Januari (30838)
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo nomor urut satu Gibran Rakabuming Raka (kiri)-Teguh Prakosa mengikuti Debat Terbuka Pilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Solo, Jawa Tengah, Kamis (3/1). Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO
Nurul menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2020 Pasal 54 ayat (1) rapat pleno penetapan paslon terpilih dilakukan dalam rapat pleno terbuka, dengan dihadiri semua paslon, parpol pengusung, dan unsur Bawaslu.
ADVERTISEMENT
Selama acara berlangsung nanti undangan hanya dibatasi 25 persen sesuai aturan PPKM di Solo.
"Alasan kami memilih tanggal 21 Januari karena pada tanggal tersebut merupakan batas terakhir KPU daerah menetapkan paslon pemenang pilkada serentak," kata Nurul.
KPU Tetapkan Gibran-Teguh Pemenang Pilwalkot Solo 21 Januari (30839)
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo nomor urut satu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan nomer urut dua, Bagyo Wahyono-FX. Supardjo mengikuti Debat Terbuka Pilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Solo, Jawa Tengah. Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO
Nurul berharap MK menerbitkan BRPK sesuai jadwal sehingga KPU Solo bisa segera menetapkan paslon pemenang Pilwalkot. KPU Solo juga sudah berkoordinasi dengan Polresta Surakarta terkait pengamanan acara.
Dari hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilwalkot Solo 2020 pada 16 Desember 2020 lalu, paslon nomor 01 Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa memperoleh suara sebanyak 225.451 atau 86,53 persen.
Hasil itu membuat Gibran-Teguh unggul dibandingkan rivalnya, paslon 02 Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo), yang hanya mendapatkan 35,055 suara atau 13,45 persen.
ADVERTISEMENT