kumparan
12 Agu 2018 9:48 WIB

Kronologi Ditemukannya Pesawat Dimonim yang Jatuh di Papua

Pegunungan Bintang, Papua (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Pesawat Dimonim Air PK - HVQ yang hilang saat terbang dari Tanah Merah ke Oksibil, Papua ditemukan. Dari 9 penumpang dan awak pesawat yang ada di pesawat, 8 di antaranya meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
Saat ini, tim gabungan masih melakukan evakuasi kepada seluruh korban pesawat nahas itu.
"Saat ini tim sedang proses evakuasi jenazah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto dalam keterangannya, Minggu (12/8).
Berikut kronologi dari jatuhnya pesawat Dimonim hingga berhasil:
Sabtu, 11 Agustus 2018
Pukul 13.50 WIT
Pesawat Dimonim Air terbang dari bandara Tanah Merah Kabupaten Boven Diguel menuju Bandara Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.
Pukul 14.17 WIT
Pesawat Dimonim melakukan kontak komunikasi dengan pihak Tower Bandara Oksibil.
Pukul 14.30 WIT
Pihak Tower banara mengeluarkan keterangan bahwa pesawat Dimonim harusnya sudah mendarat di Bandara Oksibil. Namun saat itu tidak diketahui keberadaan dari pesawat itu.
Pukul 15.00 WIT
Polisi langsung berkoordinasi dengan pihak Bandara Oksibil, TNI, dan Basarnas untuk melakukan pencarian terhadap pesawat itu. Selain itu, mereka merilis 9 nama penumpang bersama dengan awak pesawat yakni Lessie (Pilot) dan Wayan Sugiarta (Co Pilot), Sudir Zakana, Martina Uropmabin, Hendrikus Kamiw, Lidia Kamiw, Naimus, Jumaidi, dan Jamaludin.
ADVERTISEMENT
Minggu, 12 Agustus 2018
Pukul 07.00 WIT
Polisi masih melakukan pencarian terhadap pesawat itu. Pencarian sempat terkendala karena cuaca buruk.
Pukul 09.00 WIT
Tim gabungan akhirnya berhasil menemukan pesawat Dimonim air. Dikabarkan dari 9 penumpang dan awak kapal, 8 tewas dan 1 selamat. Saat ini tim gabungan masih melakukan evakuasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan