News
·
3 September 2019 11:08

Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Cipularang (368700)
Kecelakaan di tol Purbaleunyi. Foto: Dok. Istimewa
Kecelakaan maut di Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta terjadi Senin (2/9). Tak kurang dari 8 orang tewas akibat kecelakaan yang melibatkan 20 (sebelumnya disebut 21) kendaraan ini.
ADVERTISEMENT
"Akibat kecelakaan ini, mengakibatkan 8 orang meninggal dunia, 3 orang luka berat, 25 orang luka ringan," kata Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama, dalam keterangannya, Selasa (3/9).
Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Cipularang (368701)
Kecelakaan di tol Purbaleunyi. Foto: Dok. Istimewa
Berikut kronologi kecelakaan maut di Tol Cipularang KM 91, Senin (2/9):

Pukul 12.30 WIB

Truk berpelat nomor B 9763 UIT bermuatan tanah datang dari arah Bandung menuju Jakarta terguling di KM 91. Diduga sopir tak bisa mengendalikan truk dalam kondisi jalan luruh dan menurun.
Saat itu, kendaraan yang berada di belakangnya berhenti melihat kecelakaan itu. Sejumlah kendaraan antre mencoba melewati truk lewat bahu jalan.

Pukul 12.33 WIB

Truk bernopol B 9410 UU yang juga bermuatan tanah tiba-tiba meluncur dengan kecepatan tinggi menabrak kendaraan yang tengah antre karena ada truk terguling.
ADVERTISEMENT
Tak kurang dari 18 kendaraan ditabrak oleh truk yang hilang kendali itu. Baik bus, mobil pribadi, termasuk truk lain rusak parah dan 4 di antaranya terbakar.

Pukul 13.00 WIB

Petugas kepolisian dan petugas tol dibantu pemadam kebakaran dan ambulans tiba di lokasi untuk mengevakuasi korban dan kendaraan.
Korban tewas semula 6 orang, 5 di antaranya mengalami luka bakar. Para korban tewas dan luka dibawa ke RS Thamrin, RS Siloam, dan RS Bayu Asih, Purwakarta. Dalam perkembangannya, total korban tewas berjumlah 8 orang.

Pukul 13.30 WIB

Contraflow diberlakukan selama evakuasi kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta. Kendaraan yang menuju ke Jakarta juga dialihkan keluar GT Cikamuning untuk kembali masuk tol lewat GT Jati Luhur. Kemacetan mengular hingga KM 97.
Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Cipularang (368702)
Kapolda Jabar, Irjen Rudy Sufahriadi (kiri) berada di lokasi kecelakaan beruntun yang terjadi di Tol Purbaleunyi KM 91 arah Jakarta. Foto: Dok. Humas Polda Jabar

Pukul 15.00 WIB

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi tiba di lokasi kejadian untuk meninjau langsung kecelakaan maut itu.
ADVERTISEMENT

Pukul 21.30 WIB

Evakuasi kendaraan selesai. Contraflow ke arah Jakarta dicabut. Lalin menuju ke Jakarta tetap padat.