kumparan
search-gray
News13 Mei 2020 3:23

Kunjungi Bekasi, Mendagri Diskusi Penanganan Corona dan Salurkan Bantuan Masker

Konten Redaksi kumparan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menunjuk peta ketika membahas penundaan Pilkada Serentak Foto: Dok. Kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, berkunjung ke kompleks kantor Pemkab Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (12/5). Dalam kesempatan itu, Tito berdiskusi bersama Bupati Bekasi, Wali Kota Bekasi serta Bupati Karawang terkait penanganan wabah corona.
ADVERTISEMENT
Dalam forum tersebut, Tito menyoroti banyaknya masyarakat yang hingga saat ini masih tidak disiplin menggunakan masker saat berada di luar rumah. Padahal, menurutnya peningkatan kasus corona dari waktu ke waktu salah satunya disebabkan masyarakat tak melindungi dirinya dengan masker.
Tito meminta pemerintah daerah lebih gencar lagi melakukan sosialisasi, agar masyarakat bisa lebih sadar dengan protokol kesehatan tersebut.
Tito Karnavian salurkan bantuan masker dan hand sanitizer
Mendagri Tito Karnavian menyalurkan bantuan masker dan hand sanitizer di Kantor Pemda Bekasi. Foto: Dok. Kemendagri
“Jadi kalau sekarang ini masih banyak kasus yang meningkat salah satu penyebabnya adalah karena masker belum tersosialisasi baik di bawah. Kita lihat di mana-mana masih banyak yang belum pakai masker, karena apa? Satu mungkin karena tidak tahu, kedua mungkin tahu tetapi tidak punya,” ungkap Tito di Gedung Swantra Wibawa Mukti Kompleks Kantor Pemda Kabupaten Bekasi, Selasa (12/5).
ADVERTISEMENT
“Maka tugas pemerintah dan tugas kita semua membuat gerakan pakai masker dan gerakan bagi masker. Entah dari pemerintah atau CSR, atau pihak lain dengan kita yang menggerakkan,” tambah Tito.
Tito Karnavian salurkan bantuan masker dan hand sanitizer
Mendagri Tito Karnavian menyalurkan bantuan masker dan hand sanitizer di Kantor Pemda Bekasi. Foto: Dok. Kemendagri
Dalam kunjungan tersebut, Tito juga menyalurkan bantuan masker, sabun cuci tangan hingga hand sanitizer untuk Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi serta Kabupaten Karawang. Bantuan tersebut berasal dari Yayasan Temasek, Singapura, yang diterima Kemendagri beberapa waktu lalu. Pihak Kemendagri tak merinci berapa jumlah bantuan masker ataupun hand sanitizer yang disalurkan tersebut.
Selain itu, Tito juga menyerahkan e-book kepada tiga kepala daerah yang hadir. Buku digital itu berisi pedoman manajemen penanganan COVID-19 dan dampaknya bagi pemerintah daerah yang disusun Kemendagri.
Sambil menyerahkan bantuan, Tito mengingatkan pentingnya setiap orang untu rutin mencuci tangan atau membawa hand sanitizer jika terpaksa harus bepergian ke luar rumah.
ADVERTISEMENT
“Cuci tangan tetapi banyak juga tidak paham, cuci tangan setiap memegang benda-benda yang sudah dipegang oleh orang lain. Cuci tangan bisa dengan Sabun, pelarut lemak, atau hand sanitizer. Kita kan tidak mungkin ke mana-mana membawa sabun dan air, yang paling nyaman membawa hand sanitizer,” jelasnya.
Tito mengatakan, kampanye untuk menggalakkan penularan corona perlu dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Di samping itu, penting pula setiap elemen mulai dari perusahaan, LSM hingga individu menjalankan perilaku saling membantu, baik bantuan kebutuhan pokok ataupun bantuan berupa masker dan hand sanitizer kepada yang membutuhkan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
ADVERTISEMENT
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white