kumparan
3 Juni 2018 12:59

Libur Lebaran, Car Free Day Ditiadakan Tanggal 10, 17, dan 24 Juni

Pengumuman penutupan HBKB. (Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan)
Dinas Perhubungan DKI Jakarta meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di Jakarta, mulai tanggal 10, 17 dan 24 Juni 2018. Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko mengatakan, pihaknya akan fokus pada pengamanan di seluruh titik selama arus mudik lebaran.
ADVERTISEMENT
"Konsentrasi dan fokus dukung pengamanan angkutan Lebaran 2018. Di mana minggu depan kita dan pihak PMJ (Polda Metro Jaya) anggotanya sudah keluar spring (berpindah) untuk mendukung angkutan lebaran," kata Sigit saat dihubungi kumparan, Minggu (3/6).
Tidak dilaksanakannya CFD saat lebaran, menurut Sigit, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.
Dalam pasal 5 ayat (1) tertulis: "Pelaksanaan HBKB dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/intemasional), dimana kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus."
Acara yang dimaksud dalam pasal tersebut yakni pelaksanaan arus mudik dan arus balik, serta Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 15-16 Juni 2018.
Suasana car free day di bulan puasa. (Foto: Rafyq Alkandy/kumparan)
Lebih lanjut, Dishub DKI akan menerjunkan 650 personel dan menyiagakan 15 unit tim derek selama pelaksanaan mudik lebaran. Personel-personel itu nantinya ditempatkan di berbagai lokasi untuk mengamankan lalu lintas sekitarnya.
ADVERTISEMENT
"Baik di terminal, stasiun, dan bandara untuk pengaturan lalu lintas pada arus mudik dan arus balik," ujar Sigit.
Suasana CFD di Minggu pertama bulan Ramadhan (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
Selain Dishub DKI, sebanyak 5.200 personel gabungan Polri dan TNI juga diterjunkan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2018 pada 7 hingga 24 Juni 2018. Selama Operasi Ketupat 2018, terdapat 143 pos yang akan dibangun untuk mengamankan beberapa titik keramaian di wilayah Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan