kumparan
4 Jan 2019 17:09 WIB

Lion Air dan Wings Air Rute Domestik Tak Lagi Beri Bagasi Gratis

Pesawat Lion Air (Foto: AFP/Roslan Rahman)
Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru terkait bagasi penumpang tujuan domestik. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan kebijakan itu akan berlaku mulai 8 Januari 2019 hingga waktu belum ditentukan.
ADVERTISEMENT
"Sebagai informasi, bila penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019 tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air," ucap Danang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/1).
Lion Air sebelumnya menerapkan kebijakan gratis bagasi untuk penerbangan domestik seberat 20 kg per penumpang. Sementara, untuk penerbagan Wings Air domestik sebelumnya diterapkan bagasi gratis seberat 10 kg per penumpang.
Wings Air. (Foto: Antara/Izaac Mulyawan)
Dengan adanya kebijakan baru tersebut, barang bawaan penumpang Lion Air dan Wings Air rute domestik yang digratiskan hanya seberat 7 kg per penumpang yang dibawa ke dalam kabin. Barang tersebut juga tak boleh melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 20 cm.
"Penerbangan Lion Air Group juga memberlakukan bahwa beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin," kata Danang.
Ilustrasi Koper yang Akan Dimasukan Ke Bagasi Pesawat (Foto: Pixabay)
Selebihnya, kata Danang, penumpang Lion Air dan Wings Air rute domestik dapat membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan, website Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Namun tak dijelaskan detail harga bagasi per kilogram yang ditentukan.
ADVERTISEMENT
"Setiap pelanggan yang membawa barang bawaan atau bagasi lebih dari ketentuan bagasi perorangan yaitu 7 kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan," tegasnya.
"Sehubungan dengan pre-paid baggage, setiap calon penumpang dapat membeli dengan harga terjangkau dan lebih hemat bersamaan pembelian tiket (issued ticket) atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum keberangkatan," jelas Danang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan