Live Corona Update: Tes Corona Pakai GeNose Cuma Rp 20 Ribu, Akuratkah?

4 Februari 2021 20:58 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro menyebut perkiraan harga pemeriksaan corona menggunakan GeNose karya UGM di stasiun Pasar Senen dan Tugu Yogyakarta sekitar Rp 20-25 ribu. Penerapan GeNose di 2 stasiun ini dimulai pada 5 Februari mendatang.
ADVERTISEMENT
GeNose yang merupakan alat deteksi corona dari embusan napas ini sudah dilakukan uji validasi. Pasien diambil swabnya dan diminta embuskan napas sehingga diketahui konsistensi apakah PCR konsisten dengan hasil GeNose.
Dengan harga semurah itu, apakah validasi GeNose bisa dipertanggungjawabkan?
Live Corona Update: Tes Corona Pakai Genose Cuma Rp 20 Ribu, Akuratkah? Foto: kumparan
Sejauh ini, dari uji validasi diketahui sensitivitas dan spesifitas di atas 90 persen. Jadi Menristek maupun peneliti UGM meyakini validasi GeNose cukup akurat dan sudah gunakan 2000-an sampel.
Apalagi GeNose menggunakan teknologi artificial intelligence atau machine learning. Maka akurasi akan terus membaik seiring dengan pemakaian yang lebih banyak.
Untuk mengetahui lebih lanjut terkait akurasi dan efektivitas GeNose, kumparan akan berbincang dengan Prof Kuwat Triyana dalam Live Corona Update. Diskusi menarik ini akan dilaksanakan besok, Jumat (4/2) pukul 14.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Untuk memudahkan kamu menyaksikan live streaming bersama Prof Kuwat, kamu bisa menyimpan artikel ini dengan bookmark story ini di smartphone atau laptop. Tandai juga agenda ini pada kalendermu melalui Google Calendar atau iCal.