News
·
16 April 2021 5:08

Longgarkan Lockdown, Portugal Mulai Buka Bioskop hingga Pusat Perbelanjaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Longgarkan Lockdown, Portugal Mulai Buka Bioskop hingga Pusat Perbelanjaan (77380)
PM Portugal Antonio Costa Foto: John Thys/AFP
Sebagian besar wilayah Portugal akan memasuki fase ketiga pelonggaran lockdown COVID-19 pada pekan depan. Namun, Perdana Menteri Antonio Costa mengatakan pelonggaran akan disertai dengan aturan yang lebih ketat.
ADVERTISEMENT
"Serangkaian tindakan ini bukanlah hadiah atau hukuman. Itu adalah langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk keselamatan penduduk, orang-orang," kata Costa yang dikutip dari Reuters, Jumat (16/4).
Portugal diketahui telah memberlakukan lockdown sejak Januari untuk menekan laju penularan corona. Sejak bulan lalu, lockdown mulai dilonggarkan dan membuka kembali beberapa sekolah, restoran dan teras kafe, museum, dan salon.
Mulai Senin depan, Portugal mengizinkan sekolah menengah, universitas, bioskop, pusat perbelanjaan, dan area dalam ruangan restoran akan dibuka kembali di sebagian besar dari 278 kotamadya. Tetapi, di bawah pembatasan yang diatur untuk mengurangi risiko penularan.
Longgarkan Lockdown, Portugal Mulai Buka Bioskop hingga Pusat Perbelanjaan (77381)
Seorang pelayan membawa kursi di pagi hari sebelum pembukaan kembali teras kafe di Lisbon, Portugal. Foto: PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP
Acara di luar ruangan, seperti pernikahan dan pembaptisan juga dapat dilanjutkan tetapi dengan pembatasan kapasitas.
Sementara itu, di kota yang telah mencapai batas 120 kasus per 100.000 penduduk, Portugal akan menetapkan aturan yang berbeda. Tujuh kota, termasuk kota wisata Albufeira di wilayah Algarve selatan tidak akan melanjutkan ke fase ketiga pelonggaran lockdown.
ADVERTISEMENT
Lalu, empat kota seperti kota terbesar di barat Algarve, Portimao, akan memberlakukan kembali aturan lockdown yang lebih ketat, seperti menutup cafe dan beberapa kegiatan bisnis lainnya.
"Ini benar-benar pertarungan melawan pandemi yang harus kami lakukan bersama. Upaya tersebut tidak dapat disia-siakan sampai proses vaksinasi efektif," kata Costa.