kumparan
News24 Mei 2020 2:15

Longgarkan Lockdown, Spanyol Buka Pintu Masuk untuk Turis Juli

Konten Redaksi kumparan
PM Spanyol Pedro Sanchez
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez. Foto: Mariscal/Pool via REUTERS
Spanyol akan membuka kembali perbatasan untuk turis pada Juni 2020. Langkah ini merupakan pelonggaran lockdown yang sebelumnya diterapkan untuk menghentikan penyebaran virus corona.
ADVERTISEMENT
Langkah ini diambil berbarengan dengan rencana berjalannya kembali liga top spanyol pada Juni mendatang.
Pengumuman itu disampaikan oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez yang bertepatan pengunduran dirinya dari partai sayap kanan pemerintah, Vox. Sebelumnya ia dikritik atas dampak lockdown terhadap sektor perekonomian Spanyol.
“Mulai Juli, pariwisata (bagi) asing akan kembali dalam kondisi aman. Kami akan menjamin para wisatawan tidak akan mendapat risiko apa pun dan tidak akan membawa risiko apa pun kepada kami," kata Sanchez dikutip dari Reuters, Minggu (24/5).
Penghormatan perawat yang meninggal karena corona di Spanyol
Petugas kesehatan menangis saat menghadiri penghormatan untuk rekan kerja mereka Esteban yang meninggal karena virus corona di RS Severo Ochoa di Spanyol (14/4) Foto: REUTERS / Susana Vera
Wisatawan asing menyumbang sekitar satu per delapan dari pengeluaran ekonomi Spanyol dan adanya lockdown menutup keran pendapatan itu. Mulai dari bisnis perhotelan, bar, restoran hingga taman rekreasi ditutup.
Sementara, angka kematian akibat virus ini di Spanyol mencapai 28.678 jiwa. Naik 48 orang pada hari Sabtu. Angka kematian ini stabil di bawah 100 orang dalam kurun waktu tujuh hari berturut-turut. Sementara total kasus terjangkit ada 235.290.
ADVERTISEMENT
Hampir sejuta pekerjaan hilang pada bulan Maret di Spanyol akibat lockdown. Sementara kompetisi La Liga akan kembali dibuka secara bertahap pada bulan Juni dengan pertandingan tanpa penonton.
Pelonggaran secara bertahap terhadap lockdown akan dilakukan. Mulai dari membuka museum hingga gereja meski berlokasi di Madrid dan Barcelona, yang merupakan epicentrum virus.
Sementara, Sanchez mengatakan akan ada masa berkabung nasional 10 hari untuk para korban mulai Selasa, (26/5).
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan