News
·
30 April 2020 11:35

LSI Denny JA Prediksi 99% Kasus Corona Tuntas Juni 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
LSI Denny JA Prediksi 99% Kasus Corona Tuntas Juni 2020 (789334)
searchPerbesar
Ruang instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
LSI Denny JA melakukan sebuah riset untuk mengetahui kapan wabah virus corona akan berakhir, khususnya di Indonesia. Riset dilakukan dengan menggunakan beberapa sumber data yang berasal dari Worldometer dan Singapore University of Technology and Design yang terus memperbaharui perkembangan data kasus corona.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan analisis data tersebut, Indonesia kemungkinan akan 99 persen terbebas dari virus corona bulan Juni tahun 2020. Prediksi ini didasarkan pada jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia terus mengalami penurunan sejak pertengahan April.
"Indonesia 99 persen kasus corona akan tuntas di bulan Juni 2020. Dari mana kita tahu? Kembali kita membaca tren data sampai 11 April 2020, tren yang terpapar virus corona di Indonesia menanjak terjal setiap hari, yang kena bertambah," kata Denny saat menjelaskan prediksi dalam keterangan video, Kamis (30/4).
"Sampai tanggal 11 April 2020. Setelah 11 April yang terkena mulai melandai dan kita tahu ujungnya dia akan menurun. Saat itu kita bisa katakan, bersandar pada model projection, pada bulan Juni 2020, 99 persen kasus virus corona akan tuntas di Indonesia," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Denny JA menuturkan, prediksi Indonesia dapat terbebas dari pandemi bisa terwujud apabila seluruh rakyat disiplin mematuhi protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah. Sebab, sejauh ini vaksin penangkal virus corona belum ditemukan.
"Katakanlah 1-3 minggu setelah Lebaran, Indonesia kembali akan hidup hampir normal, mengapa, karena vaksin belum ditemukan. Sehingga kita belum bisa klaim 100 persen ini tuntas. Secara umum tuntas 99 persen, bisa buat kehidupan kita normal kembali tapi kita berjumpa publik luas tetap dengan mematuhi protokol kesehatan," tutur dia.
Indikator berakhirnya virus corona di Indonesia, kata dia, juga bisa dibaca dengan melihat tren sejumlah negara telah mencapai puncak virus corona. Sehingga, puncak pandemi juga akan terjadi di Indonesia dan kasus akan segera berakhir.
ADVERTISEMENT
"Indikator awal itu sudah dapat kita baca walaupun vaksin belum ditemukan tapi kita baca tren data bahwa beberapa negara berhasil sudah melampaui puncak pandemi," tutup dia.
=========
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
**
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.