News
·
4 Februari 2021 22:00

Luhut: Pasar Tanah Abang hingga Kramat Jati Akan Jadi Lokasi Vaksinasi Massal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Luhut: Pasar Tanah Abang hingga Kramat Jati Akan Jadi Lokasi Vaksinasi Massal (255849)
Pertama kalinya Luhut dan Satgas COVID-19 meeting virtual dengan Epidemiolog UI, Pandu Riono, dkk, Foto: Pandu Riono
Wakil Ketua KPCPEN Luhut Binsar Pandjaitan, membahas program vaksinasi bersama sejumlah epidemiologi pada Kamis (4/2). Luhut menegaskan pemerintah telah menargetkan 60 juta penduduk sudah divaksin pada Juli 2021.
ADVERTISEMENT
Luhut menjelaskan, agar proses vaksinasi berjalan dengan cepat, kawasan Pasar Tanah Abang hingga Kramat Jati akan dijadikan lokasi vaksinasi massal.
"Kalau itu terjadi di kerumunan yang banyak, seperti Pasar Tanah Abang, Kramat Jati seperti-seperti itu, dan kemarin sudah diperintahkan ke semua gubernur dan daerah-daerah yang merah itu saya pikir akan mempercepat herd immunity-nya," kata Luhut, Kamis (4/2).
Luhut: Pasar Tanah Abang hingga Kramat Jati Akan Jadi Lokasi Vaksinasi Massal (255850)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat Seremonial Pengecoran Closure Tengah Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Selain itu, Luhut menambahkan, bulan ini pemerintah akan kembali menerima 15 juta dosis vaksin. Pemerintah terus mengebut vaksinasi agar herd immunity dapat segera dicapai.
"Bulan ini kita akan menerima vaksin 15 juta kita akan konsentrasi beberapa kota, ada yang kita bagi rata, ada yang kita nanti fokuskan ke beberapa tempat yang banyak COVID-nya dan banyak kegiatan ekonomi di sana," ucap Luhut.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut Luhut sudah meminta TNI-Polri mengawasi vaksinasi di tempat-tempat itu nantinya.
"Karena rakyat itu tidak mudah, anda bisa lihat di banyak tempat, pasar itu rakyat tidak mudah. Sekarang TNI-Polri kita gerakkan untuk melihat itu," tutup dia.
Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan, vaksinasi juga akan dilakukan di pasar hingga pusat jasa dan ekonomi.
"Kita harapkan ini akan mempercepat dan tidak hanya di luar Senayan, nanti akan dilaksanakan di pasar-pasar, pendekatannya ke arah sana, ke pusat-pusat ekonomi dan jasa. Sehingga kecepatan ini akan kita peroleh," kata Jokowi.
Meski program vaksinasi sudah dilaksanakan di berbagai daerah, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan 3M. Usai divaksin, kata dia, protokol kesehatan tetap harus ditegakkan.