kumparan
10 September 2019 21:29

Luhut soal Kabinet II: Presiden Sudah Nimbang di Mana Paling Cocok

Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan di Gedung DPR RI. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Menkomaritim Luhut Binsar Pandjaitan meluruskan kabar yang menyebut dirinya sudah berpamitan ke sejumlah anggota DPR karena masa jabatannya akan segera habis. Menurut Luhut, saat itu ia tidak berniat untuk berpamitan.
ADVERTISEMENT
"Enggak pernah saya pamit. Saya bilang, teman-teman DPR ini kan sudah ada yang selesai, masih ada yang terus, jadi mungkin kita ada yang bisa ketemu lagi, bisa tidak bertemu lagi," kata Luhut usai ratas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9).
Ia lalu menyinggung soal kabinet dua yang akan segera diumumkan oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Luhut, masuk atau tidaknya dirinya dalam kabinet selanjutnya merupakan kewenangan Jokowi.
"Saya enggak ada urusan pamit, saya terserah presiden. Presiden pasti sudah menimbang-nimbang mana yang paling cocok," tuturnya.
Namun, Luhut menilai, Jokowi tidak akan mempercayakan sesuatu kepada pihak yang masih dipertanyakan kemampuannya. Selain itu, ia menyebut, Jokowi pasti memilih sosok yang bisa beradaptasi dengan kondisi ekonomi global saat ini.
ADVERTISEMENT
"Pastilah beliau-beliau milih orang yang bisa mampu beradaptasi atau implementasi cepat untuk sikapi global ekonomi sekarang. Yang pasti beliau ndak akan coba-coba.Saya sudah mengenal beliau selama 5 tahun pemerintahan ini, saya pikir beliau sangat tajam," pungkasnya.
Dalam rapat Banggar DPR, Senin (9/9), Luhut menyebut momen tersebut adalah terakhir kalinya ia rapat bersama para anggota legislatif di ruangan itu. Dalam rapat yang sama, Menteri KKP Susi Pudjiastuti juga berpamitan kepada semua pihak, termasuk anggota DPR dan wartawan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan