kumparan
17 Januari 2019 0:06

Ma'ruf Amin Akan Fokus Jawab Isu Terorisme saat Debat Pilpres

Cawapres 01 Ma'ruf Amin (tengah) saat diwawancarai oleh wartawan. (Foto: Dok. TKN Jokowi-Ma'ruf Amin)
Terorisme menjadi salah satu tema yang diangkat dalam Debat Pilpres 2019 pada Kamis (17/1). Penasihat hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, membeberkan kesiapan paslon nomor urut satu itu usai mendampingi mereka dalam simulasi debat yang digelar di Djakarta Theater, Rabu (16/1) malam.
ADVERTISEMENT
Ma'ruf akan difokuskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar terorisme. Menurut Yusril, Ma'ruf memiliki kapasitas yang tepat karena selama ini terorisme kerap dituduh dan dikait-kaitkan dengan Islam.
Persiapan debat Jokowi-Ma'ruf Amin di Djakarta Theatre (Foto: Istimewa)
"Jadi lebih tepat Pak Ma'ruf yang menjawab lengkap dengan ayat-ayat Al-Qurannya dibacakan sekaligus," tutur Yusril di Djakarta Theater, Rabu (16/1).
Kepada Yusril, Jokowi akan menekankan bahwa pemerintah selama ini menjunjung tinggi Islam di indonesia yang bermayoritas penduduk muslim. Hanya saja, kata Yusril, Jokowi menginginkan adanya pendekatan dan pemahaman yang perlu diluruskan dalam memahami Islam supaya lebih damai, toleran, bersahabat. Terlebih, pemerintah juga sedang mengamandemen UU terorisme yang dibuat pada tahun 2002.
"Kalau mengenai terorisme, terutama penekananya nanti bahwa menghadapi terorisme itu sama sekali tidak berarti pemerintah itu memusuhi Islam," tegas Yusril.
ADVERTISEMENT
Debat Pilpres 2019 akan berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pukul 19.00 WIB. Debat akan dimoderatori Ira Koesno dan Imam Priyono yang terbagi dalam enam segmen, dua di antaranya pertanyaan tertutup. Keduanya akan memandu jalannya debat yang mengangkat tema Hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
Saksikan live streaming Debat Pilpres 2019 di kumparan, Kamis (17/1) mulai pukul 19.30 WIB. kumparan bekerjasama dengan TVRI untuk menayangkan rangkaian Debat Pilpres 2019. Nurhadi, 'calon presiden Maha Asik' juga akan meramaikan live streaming Debat Pilpres 2019 di kumparan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan