kumparan
6 Jun 2018 13:13 WIB

Macet hingga Erupsi Merapi Jadi Fokus Polisi Amankan Lebaran di Yogya

Penjaagaan Masjid Kauman Yogyakarta (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Sebanyak 4.700 personel aparat disiapkan untuk mengamankan lebaran di Yogyakarta. Jumlah personel tersebut terdiri dari 2.700 anggota polisi serta sisanya merupakan personil TNI dan instansi lainnya. Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri menjelaskan personel tersebut akan disiagakan di 31 pos.
ADVERTISEMENT
"Pengamanan lebaran semua aspek, kecelakaan jadi fokus perhatian kita. Hampir 4.700 (personil), kalau polri 2.700 lainnya dari TNI, instansi pemerintah dan warga masyarakat ada 31 pos dan di jalur-jalur jalan," jelas Kapolda di Mapolda DIY, Sleman, Yogyakarta, Rabu (6/6).
Dia menerangkan pada lebaran kali ini ada empat fokus pengamanan. Yakni stabilitas harga pangan, kemacetan lalu lintas, antisipasi bencana alam, dan terorisme. "Bencana (aktivitas) Merapi. Kemacetan ke jalur wisata, karena Yogya padatnya setelah (hari H) lebaran," bebernya.
Dofiri mengimbau pemudik untuk selalu menjaga kondisi tubuh dan mengutamakan keselamatan. Selain itu, pemudik juga bisa menggunakan jalur-jalur alternatif untuk mudik untuk menghindari kepadatan lalu lintas.
"Himbauan, Yogya ini masuk titik lelah, oleh karena itu tetap hati-hati di jalan dan utamakan keselamatan, patuhi aturan dan rambu ikuti arahan petugas. Ada jalur alternatif ikuti karena akan melaksanakan rekayasa untuk kurangi kemacetan," kata Dofiri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan