kumparan
News20 Mei 2020 18:43

Mal di Semarang Ramai Dikunjungi Warga Jelang Lebaran, Pemkot Gelar Swab Test

Konten Redaksi kumparan
PTR - Tes swab ke salah satu pengunjung Mall Paragon
Tes swab ke salah satu pengunjung Mall Paragon Semarang. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Pusat perbelanjaan di Kota Semarang mulai banyak dikunjungi jelang Lebaran meski masih dalam situasi Pandemi. Salah satu mal yang tampak ramai di Semarang yakni Paragon Mal Semarang.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Satpol-PP bekerjasama dengan Detasemen Polisi Militer (Denpom) menggelar tes swab acak pada pengunjung mal. Setidaknya 100 pengunjung dan pegawai dipilih untuk dilakukan tes swab.
"Ini manajemen dari Paragon minta sendiri untuk diadakan pemeriksaan untuk kenyamanan pengunjung. Ini gratis," kata Kasatpol PP Semarang, Fajar Purwoto, Rabu (20/5).
Proses pemilihan sampel swab dilakukan setelah pengunjung masuk ke Paragon Mal usai melewati protokol kesehatan yakni cek suhu dan menggunakan hand sanitizer.
Kemudian ada petugas Satpol PP yang secara acak meminta pengunjung untuk melakukan tes swab. Merek kemudian menunggu antrean di lokasi yang sudah disiapkan
Petugas Dinkes Kota Semarang yang sudah memakai alat pelindung diri melakukan pendataan dan juga pengambilan sampel swab dengan alat yang sudah disiapkan.
Pemkot Semarang dan Denpom Gelar Swab Acak ke Pengunjung
Pemkot Semarang dan Denpom Gelar Swab Acak ke Pengunjung. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
"Ini acak untuk 100 orang," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ratna Putri Utami (20), salah satu pengunjung yang ikut swab menyambut baik adanya tes tersebut sehingga dirinya bisa tahu apakah terpapar Corona atau tidak. Ia mengaku baru pertama kali tes.
"Agak sakit tadi pas di hidung. Senang aja jadi bisa tahu hasilnya nanti," kata Ratna.
Meski dites hari ini, hasilnya akan diberitahukan 3 hari lagi. Para pengunjung yang dites sudah mengumpulkan identitas termasuk nomor ponsel.
Sementara itu dari pantauan kumparan, semakin sore pengunjung mal terus berdatangan. Meski banyak orang, namun tidak terjadi desak-desakan. Beberapa kios juga terlihat masih tutup.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan