kumparan
8 Februari 2019 20:13

Mandala Shoji Bantah Buron: Saya Berjuang ke Dapil

Mandala Shoji Foto: Munady
Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), Mandala Shoji, sempat menjadi buronan setelah dinyatakan melanggar aturan pemilu. Namun, Mandala membantah dirinya kabur dari kasus hukum yang menjeratnya. "Kami sempat berjuang ke dapil (untuk) sosialisasi dengan masyarakat," kata Mandala di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (8/2). Mandala mengaku cakupan dapilnya cukup luas. Sehingga, ia sering berkunjung ke beberapa daerah. "Dapil saya kan luas, Dapil Jakpus, Jaksel, luar negeri. Jadi kita sempat blusukan di Kebayoran Lama, (lalu) Jakarta Pusat. Juga saya sempat tidur di rumah warga," kata dia.
Mandala Shoji tiba di kejaksaan Negeri, Jakarta Pusat. Foto: Paulina herasmaranindar/kumparan
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Istri Mandala, Maridha Deanova Safriana, mengklaim popularitas suaminya sebagai caleg semakin tinggi. Sehingga, kata dia, banyak caleg yang merasa gelisah kehilangan kursi. "Banyak yang gelisah. Ha..ha..ha, nanti kita bikin lagu ya," kelakarnya. "Resah dan gelisah karena takut kursinya hilang," timpal Mandala menirukan nada lagu 'Kisah Kasih di Sekolah' milik Chrisye. Saat ini, Mandala telah menyerahkan diri dan langsung dibawa ke Rutan Salemba untuk menjalani masa tahanannya selama 3 bulan. Ia juga diwajibkan membayar denda 5 juta dengan subisider 1 bulan penjara. "Saya ke Rutan Salemba, ke pesantren dulu," kata Mandala.
Terkait nasibnya di pileg, KPU memastikan telah mencoret nama Mandala Shoji dari Daftar Caleg Tetap (DCT). Mandala terbukti melakukan pelanggaran kampanye dengan membagikan kupon umrah. Mandala sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, majelis hakim menolak banding tersebut dengan menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menyatakan Mandala terbukti bersalah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan