News
·
8 Mei 2021 18:10

Mardani soal Peta Pilpres 2024: Prabowo, Megawati, SBY Old Soldier Never Die

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mardani soal Peta Pilpres 2024: Prabowo, Megawati, SBY Old Soldier Never Die (55783)
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri, 24 Juli 2019. Foto: Antara Foto/Puspa Perwitasari
Peta capres 2024 masih dinamis. Apalagi tak ada nama Presiden Jokowi yang sudah menjabat selama dua periode.
ADVERTISEMENT
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan Pilpres 2024 akan menjadi masa transisi kepemimpinan yang berat. Meski begitu, menurutnya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketum Gerindra Prabowo Subianto hingga Jokowi akan memiliki peran besar dalam Pilpres 2024.
"Ini berat, ya, karena di masa transisi, old soldier never die. Prabowo, Megawati, SBY never die. Kemudian Pak Jokowi kita katakan old school old soldier. Mereka mungkin tetap ingin akan berperan," kata Mardani, Sabtu (8/5).
Di sisi lain, Mardani berpandangan tokoh muda seperti Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hingga Gubernur Jabar Ridwan Kamil ingin tampil sebagai sosok pemimpin baru. Sehingga, dua generasi politik ini harus diatur dengan baik.
Mardani soal Peta Pilpres 2024: Prabowo, Megawati, SBY Old Soldier Never Die (55784)
SBY, Jokowi, Habibie, dan Megawati Foto: Antara/Puspa Perwitasari
"Tetapi saat yang sama, kelompok muda [seperti] Mas Anies, Mas Ganjar, RK, ketum-ketum partai yang muda-muda itu ingin tampil. Nah, pertarungan antara old soldier dan young soldier ini yang harus diatur," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Kalau enggak nanti akan ada ketumbukan para tokoh dan itu buruk. Gimana kontestasi nanti karya dan gagasan, bukan pertarungan, nah ini harus diatur," sambung Mardani.
Anggota komisi II DPR itu pun berharap Jokowi tak akan tergoda dengan kesempatan untuk menjabat selama 3 periode.
"Pilpres 2024 itu dilaksanakan pada era suksesi. Saya yakin Pak Jokowi tidak ingin 3 periode, tapi orang sekelilingnya mungkin ingin 3 periode. Kita doakan tidak ditempuh Pak Jokowi," tandas dia.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: