kumparan
19 Maret 2019 21:55

Ma'ruf Amin Ditelepon Jokowi Usai Debat: Katanya Bagus Sekali

Debat Ketiga Cawapres, Pemilu 2019, Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin memaparkan visi dan misi saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Cawapres Ma'ruf Amin mengaku sempat ditelepon oleh capres Joko Widodo usai tampil di debat ketiga Pilpres 2019. Saat itu, menurut Ma'ruf, Jokowi memuji penampilannya di panggung debat.
ADVERTISEMENT
"Kemarin diteleponnya, ya beliau (Jokowi) senang. Katanya bagus sekali (performa debat). Saya berterima kasihlah," kata Ma'ruf dalam keterangannya usai mengikuti acara istighosah kubro di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Madura, Selasa (19/3).
Ma'ruf menyebut, sebenarnya debat ketiga ini tidak jauh berbeda dari debat-debat sebelumnya. Hanya saja, di debat antar-cawapres itu, ia mendapatkan porsi yang jauh lebih banyak untuk berbicara dibandingkan di debat pertama.
"Yang pertama kan saya memang mengambil porsi sedikit karena bersama Pak Jokowi, nah debat yang ketiga kan full saya," ucapnya.
Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno
Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Dalam debat ketiga tersebut, Ma'ruf dan cawapres Sandiaga Uno saling adu gagasan terkait masalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan. Menurut Ma'ruf, untuk mematangkan penampilan, ia memang sengaja banyak mendengar dan berdiskusi terkait empat masalah tersebut.
ADVERTISEMENT
"Karena full tentu saya banyak mendengar, banyak berdiskusi soal empat hal itu, pendidikan, kesehatan tenaga kerja, sosial budaya," kata Ketua Umum MUI ini.
Usai debat ketiga, KPU akan menggelar debat keempat di Balai Soedirman, Jakarta, pada Sabtu (30/3) nanti. Debat keempat yang mengambil tema seputar ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional tersebut hanya akan diikuti oleh capres Joko Widodo dan capres Prabowo Subianto saja.