News
·
9 April 2021 14:49

Masjid Istiqlal Tak Gelar Buka Puasa dan Sahur Bersama

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Masjid Istiqlal Tak Gelar Buka Puasa dan Sahur Bersama (242433)
Umat Islam melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/1/2021). Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO
Jelang Ramadhan 2021, Masjid Istiqlal akhirnya dibuka kembali untuk umum. Meski sudah beroperasi penuh, sejumlah pembatasan tetap dilakukan.
ADVERTISEMENT
Misalnya saat Ramadhan nanti. Pengurus masjid memutuskan tidak menggelar buka puasa dan sahur bersama selama Ramadhan.
"Di samping itu juga kita tidak melakukan acara buka puasa, Jadi hanya dipakai untuk tarawih, salat lima waktu, tidak ada buka puasa, tidak ada slat lain dan tidak ada sahur, yang ada hanya salat magrib, shalat isya, tarawih, witir bagi yang mau witir," kata Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jumat (9/4).
Masjid Istiqlal Tak Gelar Buka Puasa dan Sahur Bersama (242434)
Seorang petugas berjalan usai peresmian renovasi Masjid Istiqlal. Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto
Sebelum dibuka kembali untuk umum, sejumlah uji coba sudah dilakukan dan hasilnya baik. Setelah ini Masjid Istiqlal akan dibuka terbatas hanya untuk 2.000 jemaah dari total kapasitas masjid 23 ribu orang.
"Alhamdulilah tadi keputusan rapat kita Istiqlal sudah mulai dibuka pada bulan suci Ramadhan, tetapi masih sangat terbatas, jadi kita akan buka sampai 2.000 orang atau 30 persen dari ruang utama," tambah dia.
ADVERTISEMENT
Selain soal kapasitas, semua sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan baik. Termasuk tempat wudu yang menjadi salah satu tempat potensial terjadinya kerumunan.
"Kami sudah mengatur jarak 2,5 meter di antara satu jemaat dengan jemaat yang lain, kemudian hand sanitizer, sabun di tempat-tempat wudu, kemudian tempat wudunya juga kami kontrol, tidak boleh berkerumun," ucap dia.