kumparan
14 Januari 2020 14:33

Massa Kontra Anies Kenakan Pakaian Hitam Padati Depan Balai Kota

Demo di depan Balai Kota DKI Jakarta
Demo di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selsa (14/1). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Massa yang menamakan diri Jakarta Bergerak mulai memadati depan gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (14/1). Kedatangan mereka untuk mengkritik Gubernur DKI Anies Baswedan terkait banjir.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan massa berkumpul mulai pukul 14.03 WIB. Massa yang didominasi perempuan itu mengenakan pakaian serba hitam.
Mereka juga membawa poster bertuliskan 'class action Anies Baswesdan', 'Impeach Him', dan 'Jakarta Bergerak-Suara Rakyat Bersatu'.
Video
Massa tampak mengenakan ikat kepala berwarna merah putih. Selain itu, saat tiba mereka juga menyanyikan lagu maju tak gentar.
Demonstrasi massa Jakarta Bergerak dilakukan untuk merespons kejadian banjir di awal tahun 2020. Mereka menilai peristiwa itu banyak merugikan warga Jakarta.
Aksi tersebut juga dilanjutkan dengan long march ke Patung Kuda atau Arjuna Wijaya. Saat ini aksi massa masih berlangsung.
Di sisi lain, ada juga aksi yang diadakan oleh massa pendukung Anies. Mereka datang ke Balai Kota untuk membela Anies terkait penanganan banjir yang dinilai lebih baik dari era sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah bentrok, polisi pun menyiagakan personelnya. Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Wiraga Dimas Tama, menyebut ada sekitar 500 personel kepolisian yang turun dari Polda Metro Jaya hingga tingkat Polsek. Pengamanan mulai dilakukan sejak pagi sampai aksi bubar.
"Pola pengamanan seperti biasa seperti pengamanan unjuk rasa yang lainnya, kita melakukan sesuai protap. Ada water canon dan sebagainya," ujar Wiraga di Balai Kota, Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan