News
·
10 Januari 2021 17:58

Megawati di HUT PDIP: COVID-19 Seakan Memperlihatkan Kebenaran Hukum Evolusi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Megawati di HUT PDIP: COVID-19 Seakan Memperlihatkan Kebenaran Hukum Evolusi (37533)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-48 PDIP secara virtual. Foto: Dok. PDIP
Perayaan HUT PDIP tak digelar meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah elite DPP PDIP berkumpul di Kantor DPP Jalan Diponegoro, sementara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato virtual dari kediamannya.
ADVERTISEMENT
Salah satu poin yang dibicarakan Megawati adalah soal pandemi COVID-19. Megawati menganggap COVID-19 bak menunjukkan kebenaran hukum evolusi.
"Pandemi corona, COVID-19, seakan memperlihatkan pula kebenaran hukum evolusi, yang menetapkan bahwa pergantian alam atau keadaan, perubahan zaman atau masyarakat, selalu diikuti pergantian cara hidup dan penghidupan. Selalu terdapat pula sisi positif dan kemajuan dari setiap kesukaran," kata Megawati secara virtual, Minggu (10/1).
Megawati di HUT PDIP: COVID-19 Seakan Memperlihatkan Kebenaran Hukum Evolusi (37534)
Megawati Soekarnoputri ketika memberikan pengarahan usai pengumuman calon kepala daerah di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (19/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Megawati mengingatkan semua pihak untuk menjaga agar hukum evolusi tidak menjadi penghalang kemajuan. Menurutnya, diperlukan hukum positif yang menjamin kemajuan ekonomi, kesusilaan, kebudayaan dan pemerintahan.
"Dasar dari segala upaya itu adalah keselamatan, kebahagiaan hidup rakyat, serta tetap hidupnya kepribadian bangsa," papar Megawati.
Megawati menilai, dunia kini dipaksa untuk masuk pada peradaban baru yang seharusnya membuka mata batin, pikiran, dan jiwa bangsa Indonesia. Pada titik itu, kata dia, saatnya Indonesia benar-benar, konsisten dan sungguh-sungguh menjalankan Pancasila.
ADVERTISEMENT
"Pancasila jangan menjadi jargon. Bangsa ini butuh Pancasila diimplementasikan. Di saat krisis seperti ini, keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa diuji, diuji untuk tetap berjuang dengan ikhtiar dan tawakal bagi kemanusiaan, dalam semangat persatuan," tutur Presiden kelima RI kelima itu.
Megawati di HUT PDIP: COVID-19 Seakan Memperlihatkan Kebenaran Hukum Evolusi (37535)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-48 PDIP secara virtual. Foto: Dok. PDIP
Megawati pun meminta semangat kekeluargaan dan gotong royong terus digalakkan di tengah pandemi COVID-19 .
"Yang dipimpin oleh suatu kebijaksanaan, yang mengupayakan negara tetap dapat memelihara hidup dan penghidupan, yang sejahtera, tertib dan damai. Suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tandas Megawati.
HUT ke-48 PDIP diisi oleh serangkaian kegiatan. Tema besar HUT PDIP tahun ini adalah berkepribadian dalam kebudayaan, salah satu subtemanya adalah 'Cinta Ciliwung Bersih'. Penanaman pohon dan pembersihan sungai dilakukan kader PDIP di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sementara undangan dihadiri secara virtual. Hadir dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual.