News
·
9 Juni 2021 9:48
·
waktu baca 2 menit

Megawati Terima Profesor Kehormatan Unhan, Begini Aturan Pemberiannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Megawati Terima Profesor Kehormatan Unhan, Begini Aturan Pemberiannya  (128635)
Gelar honoris causa Megawati Soekarnoputri. Foto: Antara/M Agung Rajasa
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri bakal menerima gelar profesor kehormatan atau guru besar tidak tetap dari Universitas Pertahanan pada Jumat (11/6). Banyak masyarakat bertanya, bagaimana proses Megawati sehingga bisa meraih gelar profesor kehormatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, penetapan atau pemberian gelar profesor atau guru besar di sebuah perguruan tinggi telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 40 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Profesor/Guru Besar Tidak Tetap pada Perguruan Tinggi.
Pasal 1 ayat aturan tersebut mengatur soal kriteria penerima gelar profesor. Sementara Pasal 1 ayat 2 menjelaskan pemberian gelar harus mendapat persetujuan Senat perguruan tinggi.
Berikut isi Pasal 1:
(1) Seseorang yang memiliki keahlian dengan prestasi luar biasa dapat diangkat sebagai dosen tidak tetap dalam jabatan akademik tertentu pada perguruan tinggi.
(2) Pengangkatan seseorang sebagai dosen tidak tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing setelah mendapat persetujuan Senat.
Selain itu, dalam Pasal 2 diatur bahwa Mendikbud bisa menetapkan seseorang yang dinilai bisa menerima gelar guru besar tidak tetap. Keputusan ini setelah mendapat pertimbangan dari Dirjen Dikti Kemendikbud.
ADVERTISEMENT
Berikut Pasal 2:
Menteri dapat menetapkan seseorang yang memiliki keahlian dengan prestasi luar biasa untuk diangkat sebagai profesor/guru besar tidak tetap pada perguruan tinggi berdasarkan pertimbangan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
Aturan ini diteken pada 7 Juni 2012 saat Mohammad Nuh masih menjabat sebagai Mendikbud.
Berikut bunyi lengkap Permendikbud Nomor 40 Tahun 2012:

Pernyataan Rektor Unhan

Sementara itu, soal Megawati dapat gelar profesor, Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian mengatakan, pihak universitas telah memberikan persetujuan. Sidang senat akademik telah menerima hasil penilaian Dewan Guru Besar Unhan atas seluruh karya ilmiah Megawati yang merupakan syarat menjadi profesor kehormatan.
Megawati bakal menjadi Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik di Fakultas Strategi Pertahanan.
ADVERTISEMENT
Octavian juga membeberkan alasan lain Unhan memberi gelar ini pada Ketum PDIP itu. Salah satunya rekam jejak Megawati saat menjadi Presiden.
"Unhan RI mencatat keberhasilan Megawati saat di pemerintahan dalam menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik Ambon, penyelesaian konflik Poso, pemulihan pariwisata pasca bom Bali, dan penanganan permasalahan TKI di Malaysia," kata dia.
"Ibu Megawati menjadi presiden pertama perempuan di negara kita. Di era Ibu Megawati pertama kalinya diselenggarakan Pemilihan Umum Legislatif dan Presidensial secara langsung," lanjut Octavian.