kumparan
7 Juli 2019 9:18

Melihat Kembali Momen Pertemuan Sutopo dengan Raisa di kumparan

Sutopo Purwo Nugroho dan Raisa
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (kiri), berbincang dengan penyanyi Raisa Andriana di kumparan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia. Tubuhnya tak kuasa lagi melawan kanker paru-paru stadium 4B yang sudah menyerangnya sejak Januari 2018.
ADVERTISEMENT
Sutopo memang menjadi inspirasi banyak orang terutama dalam hal mengabarkan berbagai informasi terkini soal bencana di Indonesia. Tapi, Sutopo juga seperti manusia lainnya yang juga punya sosok idola.
Sosok itu tak lain, yakni penyanyi Raisa. Warganet bahkan membuat tagar #RaisaMeetSutopo. Tagar ini pun sempat ramai.
Sutopo Purwo Nugroho dan Raisa
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (kiri), berbincang dengan penyanyi Raisa Andriana di kumparan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Dalam satu waktu, Sutopo baru saja mengabarkan perkembangan terkini penanganan bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala di kantor BNPB, Jakarta, 3 Oktober 2018. Usai itu, seorang staf memberikan ponsel pada Sutopo.
Rupanya, diujung telepon sudah ada Raisa. Keduanya akhirnya berkomunikasi melalui video call.
"Saya terima kasih mbak. Ini menjadi kenangan terindah buatku," kata Sutopo.
Video
kumparan lalu mengundang Sutopo datang ke kantor untuk melakukan wawancara khusus. Tapi, tidak sampai di situ, kumparan menyiapkan kejutan manis untuk Sutopo.
ADVERTISEMENT
Yak, Sutopo dan Raisa akhirnya benar-benar bertemu di kantor kumparan, pada 5 November 2018.
Saat itu, Sutopo duduk di kursi khusus paling depan, di salah satu ruangan di kantor kumparan. Tiba-tiba, Raisa masuk ke ruangan. Raisa juga tengah berkunjung ke kumparan untuk mempromosikan lagu terbarunya bersama Dipa Baru berjudul 'My Kind of Crazy'.
Sutopo sempat terpaku melihat sosok idola tiba-tiba benar-benar hadir di depannya. Tak lama kemudian, senyum lebar terpancar dari wajah pria kelahiran Boyolali itu.
"Hallo Bapak Apa Kabar," kata Raisa.
"Hallo, saya malah bingung ini siapa gitu kan," kata Sutopo.
"Saya juga, kayaknya kenal," sahut Raisa.
"Ini mbak Raisa kan ya," tutur Sutopo.
Video
Raisa lalu membawakan lagu bersama Dipa Barus. Sepanjang lagu, Sutopo hampir tak melepas pandangannya kepada idolanya itu.
ADVERTISEMENT
"Saya terima kasih sekali," kata Sutopo.
"Sehat terus ya, Pak," ucap Raisa.
"Dengan ketemunya Mbak Raisa mudah-mudahan saya sehat," tambah Sutopo.
"Tadi malam itu saya mimpi, anggrek di rumah saya itu bermekaran. Ketemulah saya dengan anggrek Indonesia, Mbak Raisa," tutur Sutopo.
Kini, senyum dan tawa itu sudah tak ada lagi. Sutopo akhirnya meninggal usai berjuang melawan kanker selama satu setengah tahun ini.
Sutopo meninggal di RS St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, Minggu (7/7) pukul 01.00 waktu setempat. KJRI Guangzhoe tengah mengurus kepulangan jenazah Sutopo ke Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan