kumparan
18 Feb 2019 12:51 WIB

Melihat Pulpen yang Dipakai Jokowi di Debat Capres

Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Calon presiden nomor 01 Joko Widodo dituduh menggunakan alat bantu berupa earphone dan pulpen yang disebut untuk mendapat suplai data dalam debat menghadapi Prabowo Subiato, Minggu (17/2) malam.
ADVERTISEMENT
Tudingan yang viral di media sosial itu dicirikan dengan momen Jokowi memencet pulpen, dan di kesempatan lain mengusap telinga, seolah-olah ada alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak luar.
Kepada kumparan, Anggota Dewan Pengarah Timses Jokowi-Maruf, Pramono Anung, menunjukkan pulpen yang dipakai Jokowi tersebut.
Pulpen yang digunakan Jokowi di debat kedua capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, (17/2). Foto: Instagram @pramonoanungw
Tak ada yang istimewa dari pulpen berwarna silver dan hitam itu, apalagi dianggap sebagai alat yang membantu Jokowi dalam debat. Pram lalu memposting foto itu di Instagramnya @pramonoanungw.
Sebelumnya, Jokowi sudah membantah menggunakan earphone untuk debat.
"Ah, ada-ada saja. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusinlah," ucap Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (18/2), dalam rangka meninjau program Taruna Siaga Bencana (Tagana) Masuk Sekolah (TMS).
Sambil menunjukkan pulpen sebagaimana foto di atas, Jokowi membantah ada yang spesial dari pulpennya.
ADVERTISEMENT
"Ini pulpen ini, ini kan?" ucap Jokowi kepada wartawan menunjukkan pulpen yang dibawanya di debat.
"Ya buka saja. Ini jangan buat isu, fitnah finta yang enggak bermutu," tegasnya.
Video
Momen Jokowi memegang pulpen hanya sekali pada bagian awal debat saat mengucapkan 'assalamua'alaikum'. Sementara mengusap telinga juga hanya sekali sebelum menjelaskan soal lahan yang ditanyakan Prabowo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan