kumparan
20 Oktober 2019 13:55

Memuat Peta Sengketa, Animasi "Abominable" Tidak Tayang di Malaysia

Film animasi Abominable (NOTCOV)
Film animasi Abominable. Foto: Dok. Dreamworks
Film animasi Abominable tidak bisa tayang di Malaysia setelah distributornya menolak menyensor peta Laut China Selatan. Sebelumnya, film ini juga dihentikan penayangannya di Vietnam karena sebab yang sama.
ADVERTISEMENT
Diberitakan AFP, Minggu (20/10), pihak Universal Pictures menolak permintaan badan sensor Malaysia untuk menghilangkan adegan yang menampilkan peta wilayah sengketa tersebut. Dalam peta itu, Laut China Selatan digambarkan dengan sembilan-garis-putus.
Sembilan-garis-putus adalah bentuk klaim China atas Laut China Selatan. Wilayah yang diyakini kaya minyak dan gas itu juga diperebutkan oleh Malaysia, Filipina, dan Vietnam.
"Universal memutuskan untuk tidak melakukan sensor yang diminta badan sensor Malaysia dan karena itu film ini tidak bisa tayang di Malaysia," ujar pernyataan United International Pictures Malaysia.
Film animasi Abominable
Film animasi Abominable. Foto: Dok. Dreamworks
Sebelumnya kepala badan sensor Malaysia Mohamad Zamberi Abdul Aziz mengatakan Abominable boleh tayang di Malaysia "dengan syarat peta, yang kontroversial, dipotong".
Film Abominable berkisah tentang seorang gadis asal China yang membantu seekor yeti kembali ke rumahnya di Tibet. Sebelumnya film ini juga menuai kemarahan di Vietnam karena peta Laut China Selatan versi China.
ADVERTISEMENT
Di Vietnam, film tersebut sempat tayang sejak 4 Oktober silam namun dihentikan pekan lalu. Di Filipina juga demikian, Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin sampai ikut bersuara, meminta sensor ketat dilakukan untuk Abominable.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan