kumparan
search-gray
News18 April 2018 12:08

Mendagri Minta Forum Kerukunan Umat Agama Sukseskan Pilpres 2019

Konten Redaksi kumparan
Mendagri Minta Forum Kerukunan Umat Agama Sukseskan Pilpres 2019 (57549)
Mendagri di acara FKUB. (Foto: Raga Imam/kumparan)
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Rakornas ini dihadiri oleh 1.200 peserta yang terdiri dari Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Wakii Gubernur seiaku Ketua Dewan Penasehat FKUB di seluruh Provinsi dan, Kaban/Kakan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Ketua FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, serta Pejabat di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri.
ADVERTISEMENT
Rakornas ini mengangkat tema “Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB Dalam Rangka Menjaga Harmonl Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Peiaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019”. Rakornas FKUB dibuka secara resmi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Dalam sambutannya, Tjahjo meminta, FKUB untuk terus menjaga harmoni kebangsaan, terutama menjelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.
"FKUB diharapkan dapat menjaga netralitas dan berperan aktif dalam menciptakan suasana rukun dan damai serta mensukseskan peiaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan persiapan Pemilu Tahun 2019," ujar Mendagri di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (17/4).
Mendagri juga meminta para kepala daerah untuk meningkatkan peran dan fungsi FKUB. Pemda, kata dia, harus berkomitmen dalam penanganan persoalan keagaaman di daerah.
ADVERTISEMENT
”Berikan perhatian dan dukungan anggaran terhadap FKUB sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal,” ucap dia.
Tjahjo juga meminta komitmen kebangsaan para tokoh agama dalam melaksanakan etika kehidupan beragama di masyarakat. Dengan demikian, diadakannya rakornas FKUB, dapat terjaiin hubungan yang harmonis antara Pemerintah Pusat, Pemda, dan FKUB.
"Guna menciptakan kesepahaman dan menyamakan persepsi dalam rangka memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama," tambahnya.
Mendagri Minta Forum Kerukunan Umat Agama Sukseskan Pilpres 2019 (57550)
Mendagri di acara FKUB. (Foto: Raga Imam/kumparan)
Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan tokoh perwakiian masing-masing agama, antara lain Ketua Umum MUI KH. Ma'ruf Amin, Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pdt. Henriette H. Lebang, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) diwakili oleh Sekretaris Komisi Kerasulan Awam KWI Romo P.C. Siswantoko.
ADVERTISEMENT
Selain itu, hadir juga Ketua Bidang Ideologi dan Kesatuan Bangsa Parisada Hindu Dharma Nyoman Udayana Sangging, Ketua Harian Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Rusli, dan Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Uum Sendana.
Saat ini acara rakornas masih berlangsung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white