News3 Mei 2018 18:41

Menengok Pulau Tidung yang Akan Jadi Lokasi Re-match Susi-Sandi

Konten Redaksi kumparan
Menengok Pulau Tidung yang Akan Jadi Lokasi Re-match Susi-Sandi (1148519)
Pulau Tidung (Foto: Aditya Noviansyah/kumparan)
Setelah adu skill di Danau Sunter, Wakil Gubernur Sandiaga Uno dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti rencananya akan menggelar re-match pada Sabtu (6/5) mendatang. Kali ini, Kepulauan Seribu --tepatnya di Pulau Tidung-- menjadi lokasi yang dipilih oleh keduanya.
ADVERTISEMENT
Pulau Tidung ini sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua pulau; Tidung Besar dan Tidung Kecil. Keduanya dihubungkan dengan jembatan panjang yang diberi nama Jembatan Cinta oleh warga setempat. Di bagian barat pulau Tidung Besar inilah, Susi dan Sandi akan kembali adu cepat di air.
Berbicara soal akses, sebenarnya Pulau Tidung termasuk pulau yang mudah dijangkau baik dari Pelabuhan Marina maupun dari Pelabuhan Muara Angke. Meski, kondisi cuaca dan jumlah pengunjung harian membuat 'jam terbang' transportasi menuju ke Pulau Tidung tidak terlalu banyak setiap harinya.
Menengok Pulau Tidung yang Akan Jadi Lokasi Re-match Susi-Sandi (1148520)
Dermaga Marina Ancol (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Jika ingin cepat, kita bisa menggunakan speedboat dari Pelabuhan Marina, Ancol. Hanya dengan waktu satu jam, perjalanan di ruangan ber-AC cukup mampu memanjakan. Meski, tentu saja kocek yang dirogoh harus cukup dalam, sekitar Rp 300 ribu untuk perjalanan bolak-balik dengan jadwal keberangkatan jam 08.00 pagi dan jam 15.00 sore.
ADVERTISEMENT
Namun, jika ingin sedikit berhemat, bisa juga mencoba menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Muara Angke. Tarifnya sangat bersahabat, hanya sekitar Rp 52 ribu untuk sekali perjalanan. Meski lebih murah, waktu tempuh yang dibutuhkan lebih lama yaitu sekitar 3,5 jam.
Meski terbilang dekat dari pusat Ibu Kota, namun lupakan jauh-jauh soal ingar bingar dan kemacetannya yang membuat stress. Begitu sampai di Pulau Tidung, angin semilir, warga yang ramah, air laut yang jernih, serta daratan yang asri bisa membuat kita lebih rileks.
Pulau ini sendiri sebenarnya lebih dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari dengan berbagai paket wisata air yang menarik seperti menyelam, snorkling, atau sekadar menjajal banana boat.
Pulau dengan jumlah penduduk sekitar 5 ribu ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti Kantor Polisi, sekolah hingga setingkat SMU, penginapan, serta warung-warung yang bisa dengan mudah ditemukan di area Jembatan Cinta.
Menengok Pulau Tidung yang Akan Jadi Lokasi Re-match Susi-Sandi (1148521)
Pulau Tidung (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Rencananya, dari area ujung Jembatan Cinta di Tidung Besar inilah Susi dan Sandi akan memulai pertarungannya. Keduanya akan langsung terjun ke air dan berlomba-lomba menjadi yang tercepat sampai ke Tidung Kecil, dengan berenang atau paddling.
ADVERTISEMENT
Tapi, lomba ini tidak hanya berhenti di Tidung Kecil saja. Keduanya juga direncanakan akan menjajal adu cepat melewati icon Pulau Tidung, Jembatan Cinta dengan berlari atau bersepeda.
Tidak heran, jelang perhelatan Festival Pulau Tidung, area Jembatan Cinta mulai dibenahi kembali. Bagian jembatan yang rusak serta catnya yang mulai terkikis sudah mulai diperbaharui sejak dua pekan lalu. Sementara pohon-pohon yang dikhawatirkan akan roboh terkena angin, juga telah dipangkas.
Menurutmu, siapakah yang akan menjadi pemenang di re-match Susi-Sandi mendatang?
Menengok Pulau Tidung yang Akan Jadi Lokasi Re-match Susi-Sandi (1148522)
Adu Cepat II Susi dan Sandiaga (Foto: kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white