News15 Juli 2018 19:52

Mengoreksi Ucapan Jokowi, Warga Sleman Ini Dapat Sepeda

Konten Redaksi kumparan
Mengoreksi Ucapan Jokowi, Warga Sleman Ini Dapat Sepeda (1126103)
Muhammad Soleh, warga Sleman, mendapat hadiah sepeda dari Presiden Jokowi usai mengoreksi ucapan Jokowi (Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan)
Presiden Joko Widodo mengunjungi Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jokowi hadir di dusun tersebut untuk menghadiri penyerahan hibah bangunan Gamplong Studio Alam Sultan Agung oleh Presiden Direktur Mustika Ratu Group, BRA Mooryati Soedibyo, Minggu (15/7).
ADVERTISEMENT
Sontak kedatangan Jokowi disambut meriah ratusan warga. Jokowi pun menyapa warga dengan ramah. Dalam kesempatan itu, ada kejadian ketika Jokowi salah menyebutkan Gamplong menjadi Gemplong. Seketika warga pun membetulkan ucapan orang nomor satu di Indonesia tersebut.
"Yang benar Gamplong Pak," teriak warga.
Mengoreksi Ucapan Jokowi, Warga Sleman Ini Dapat Sepeda (1126104)
Presiden Jokowi mengunjungi Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, DIY. (Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan)
Jokowi pun tersenyum dan menunjukkan teks yang ia baca bertulisakan Gemplong. Seakan ingin meyakinkan warga, salah seorang pria diajak naik ke depan dan disuruh membaca teks yang dibaca Jokowi.
"Ini Gemplong apa Gamplong," ujar Jokowi tersenyum.
"Gemplong, Pak. Berarti sekretaris bapak yang salah," ujar warga yang diketahui bernama Muhammad Soleh tersebut.
Mengoreksi Ucapan Jokowi, Warga Sleman Ini Dapat Sepeda (1126105)
Presiden Jokowi mengunjungi Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, DIY. (Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan)
Mendengar jawaban Soleh yang menggelitik, warga pun tertawa. Tidak cukup sampai di situ, Soleh yang masih berada di depan dengan nekatnya meminta hadiah sepeda oleh Jokowi.
ADVERTISEMENT
"Tidak dapat sepeda, Pak? Biasanya (menyebutkan) nama-nama ikan, Pak," kata Soleh.
Mendengar perkataan Soleh, Jokowi pun tersenyum. Ia meminta Soleh tetap di depan sembari ia juga memanggil pemeran Sultan Agung yaitu Ario Bayu.
"Bukan Gemplong tapi Gamplong. Emang betul harus diluruskan kalau keliru," ucap Jokowi.
"Minta urusan ikan. 2/3 Indonesia adalah air terdiri dari lebih 17 ribu pulau. Sebutkan 10 nama ikan, saya janji berikan sepeda," cetusnya.
Mendapat pertanyaan yang diinginkan, Soleh bersemangat. Awalnya ia tidak kesulitan menjawab pertanyaan Jokowi hingga setelah menyebutkan lima jenis ikan Soleh tampak kesulitan. Meski sempat salah, Soleh berhasil menjawab pertanyaan Jokowi dengan baik.
"Hiu, tongkol, arwana, lele, bandeng, wader, ikan pari, sidat, gabus, bawal," jawab Soleh.
ADVERTISEMENT
"Sepedanya mana, Pak?" tanya Soleh.
"Saya tidak bawa sepeda tapi saya janji besok sudah sampai," jawab Jokowi.
Soleh menyahut dengan singkat dan bersemangat. "Yess!!," kata Soleh.
Diharapkan Jadi Wahana Wisata
Di satu sisi, Jokowi mengapresiasi langkah Mooryati Soedibyo yang menghibahkan bangunan Gamplong Studio Alam Sultan Agung tersebut. Ia berharap dengan keberadaan studio alam, perekonomian masyarakat sekitar semakin meningkat.
"Kami berharap selanjutnya studio ini bisa dimanfaatkan untuk wisata. Karena memang sekarang ini banyak orang pingin pengalaman bukan semata-mata melihat sesuatu atau belanja-belajaan tapi ingin mendapat pengalaman. Ke sini pakai smartphone cekrek-cekrek bisa diunggah ke Instagram, di Facebook," jelasnya.
Jokowi mengaku sangat menghargai apa yang upayakan Mooryati Soedibyo karena telah membuat film kolosal besar mengenai Sultan Agung.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white