Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper
6 November 2020 11:49

Menhan AS Mark Esper Dikabarkan Akan Mengundurkan Diri

Menhan AS Mark Esper Dikabarkan Akan Mengundurkan Diri (63046)
searchPerbesar
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper. Foto: Lisa Ferdinando/ via REUTERS
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper dikabarkan telah menyiapkan surat pengunduran diri. Dikutip dari NBC News pada Jumat (6/11), informasi itu dibenarkan oleh sejumlah sumber dari kementerian tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, sumber itu menegaskan, rencana pengunduran diri Esper diduga karena namanya akan dicopot dari daftar kabinet Donald Trump.
Karena masa jabatannya akan berakhir, lanjut sumber itu, Esper tengah membuat daftar nama pimpinan gerakan Konfederasi yang akan dicoret dari berbagi pangkalan militer untuk anggota Kongres. Hal ini dinilai akan memperkeruh hubungan Esper dan Trump.
Selama ini, gerakan Konfederasi dianggap kontroversial karena dinilai rasialis dan pengkhianat. Banyak nama dari anggota gerakan itu yang diabadikan untuk institusi militer, seperti patung-patung, yang akhir-akhir ini dirusak. Atas aksi vandalisme itu, Trump kerap mengecam.
Atas beredarnya kabar pengunduran diri, Asisten Juru Bicara Menhan, Jonathan Hoffman, mengatakan spekulasi itu adalah permainan lama jelang akhir pemilu.
ADVERTISEMENT
"[Menhan Esper] akan terus melayani negara sebagai menteri pertahanan atas kehendak presiden dan saat ini berada di Pentagon untuk mengerjakan implementasi Strategi Pertahanan Nasional yang tidak dapat diubah," tegas Hoffman kepada NBC News, Jumat (6/11).