News
·
17 Februari 2021 10:35

Menkes: 9.700 Orang Datang ke Tanah Abang untuk Vaksinasi Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menkes: 9.700 Orang Datang ke Tanah Abang untuk Vaksinasi Corona (106472)
Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Budi Gunadi dan Gubernur DKI Anies Baswedan memantau vaksinasi pedagang pasar Tanah Abang. Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Program vaksinasi corona tahap kedua mulai digelar, dengan kelompok sasaran pelayan publik, aparat TNI-Polri, pedagang, wartawan, hingga atlet. Pilot project vaksinasi tahap kedua ini digelar di Pasar Tanah Abang, Rabu (17/2).
ADVERTISEMENT
Menkes Budi Gunadi Sadikin memastikan sudah 9.700 orang tercatat untuk disuntik vaksin di Pasar Tanah Abang. Namun jumlah ini diperkirakan akan bertambah. Ia menargetkan vaksinasi di lokasi ini bisa selesai dalam lima hari.
"Rencananya kita ada a,b,c,d,e,f. Ini semuanya akan divaksin jadi prioritaskan yang di sini (Pasar Tanah Abang) dulu. Sampai hari ini yang sudah datang 9.700-an, kita harapkan dalam 5 hari selesai," ujar Budi Gunadi saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau vaksinasi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Menkes: 9.700 Orang Datang ke Tanah Abang untuk Vaksinasi Corona (106473)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) menjawab pertanyaan awak media di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Foto: Dok. Kemenkes
Budi Gunadi mengatakan, usai vaksinasi di Pasar Tanah Abang selesai, akan dilanjut ke pasar-pasar di daerah lain secara bertahap. Mekanismenya dengan vaksinator dan kelompok sasaran mendatangi lokasi vaksinasi.
"Kita yang datang. Kalau orang (yang divaksin) datang mengaturnya lebih enak. Kalau lihat pilot project ini kita akan masuk ke pasar lain secara bertahap ini juga akan jadi model provinsi lain," terangnya.
ADVERTISEMENT
Masih di lokasi yang sama, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan, sasaran vaksinasi di Pasar Tanah Abang terdiri dari pedagang hingga pengelola pasar.
Menkes: 9.700 Orang Datang ke Tanah Abang untuk Vaksinasi Corona (106474)
Seorang dokter menunjukkan sebotol vaksin Sinovac di sebuah rumah sakit di Jakarta. Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
Namun bagi kelompok sasaran lain, seperti pedagang PKL, yang ingin divaksin namun tak terdaftar bisa mengikuti vaksinasi di lokasi ini. Maxi mengatakan, pihaknya masih membuka pendaftaran vaksinasi dengan berkoordinasi ke kecamatan hingga kelurahan.
"Ini dibuka terus. Bukan cuma yang terdaftar, yang tidak terdaftar pun bisa datang. Yang enggak terdaftar bisa datang, daftar on site. Termasuk kita sudah koordinasi ke camat, lurah, untuk PKL juga didaftar untuk vaksin di sini," jelasnya.
Maxi memastikan pihaknya selalu siap dalam penyediaan vaksin di Pasar Tanah Abang.
ADVERTISEMENT
"Tanah Abang berapa pun dibutuhkan kita siapkan vaksinnya. Hari ini kita siapkan 10 ribu vaksin," pungkasnya.