kumparan
27 Januari 2020 16:08

Menkes Siagakan 100 Rumah Sakit Tangani Virus Corona

PTR, Menkes dokter Terawan, virus corona, Huawei
Menteri Kesehatan dokter Terawan saat inspeksi ke Gedung BRI 2 setelah muncul dugaan adanya virus corona. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Menkes Terawan Agus Putranto memastikan saat ini belum ada masyarakat Indonesia yang terjangkit virus corona. Namun ia mengatakan, pemerintah tetap meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan preventif mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Saat ini kita bersyukur dari data yang ada dan ini data yang jujur, sampai detik ini kita bersyukur pada Tuhan, kita jangan sampai kena (Corona)," kata Terawan dalam rakor terkait virus corona di Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (27/1).
"Negara sekitar kena kalau (kita) doanya baik ya tidak kena betulan. Kalau ada (Corona) ya kita omong ada, kalau enggak ada ya kita omong enggak ada, enggak ada curiga-curigaan," sambungnya.
Menkes dokter Terawan, virus corona, Huawei
Menteri Kesehatan dokter Terawan menanggapi pertanyaan wartawan saat inspeksi ke Gedung BRI 2 setelah muncul dugaan adanya virus corona. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Terawan mengungkapkan, ada dua langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah. Yakni, memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk negara dan penunjukkan 100 rumah sakit untuk penanganan virus corona.
"Semua rumah sakit yang ditunjuk, ada 100 rumah sakit itu siap dengan SOP yang benar dan sudah kami cek mereka dalam kewaspadaan yang tinggi," jelas Terawan.
Tim Medis rumah sakit wuhan
Aktivitas tim medis Rumah Sakit Wuhan, China saat merawat pasien terjangkit virus corona. Foto: THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO /via REUTERS
Kendati begitu, Terawan tidak merinci rumah sakit mana saja yang akan dirujuk untuk penanganan virus corona. Ia hanya meminta masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas dengan bergaya hidup sehat.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, gaya hidup sehat merupakan cara paling baik untuk mencegah datangnya virus.
"Tugas masyarakat apa, jaga imunitasnya tubuhnya supaya tidak gampang kena. Kalaupun kontak juga enggak akan kena karena imunitasnya baik," pungkas Terawan.
Cegah Virus Corona
Cegah Virus Corona. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan
Hingga kini, virus corona telah menyebabkan 80 orang di China meninggal dan ribuan orang terjangkit. Kota Wuhan, Hubei --kota asal penyebaran virus corona-- telah diisolasi untuk mencegah penyebaran virus corona.
Virus ini telah menyebar ke sejumlah negara, seperti Korea Selatan, Jepang, Thailand, Australia, Malaysia, hingga Prancis, dan Amerika Serikat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan